Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Tarbiyah’ Category

Iseng-iseng saya buatkan catatan materi “Memahami Dakwah dan Keutamaannya” yang akan saya sampaikan ke binaan-binaan saya di SMAN 13 Jakarta Utara. Mereka kelas tiga SMA sekarang. Mohon doa dari para pembaca sekalian agar Allah senantiasa memberikan hidayah utamanya pada saya dan binaan-binaan saya. Jzklh khairan katsir 🙂

Kenapa kita harus berdakwah?

“Nahnu Du’at Qabla Kulli Syai’in” (Kita adalah penyeru/dai sebelum menjadi apapun) –Syaikh Umar Tilmisani. Mursyid ‘Aam ke-3 IM-

Maksud dari kalimat di atas adalah bahwa kita ini punya “profesi” sebagai seorang dai terlepas apapun pekerjaan atau aktivitas kita. Dan ini berlaku sampai kapanpun setelah kita Memahami Dakwah dan Keutamaannya.

Ikhwah fillah, mari kita lihat realitas masyarakat kita hari ini. Utamanya umat Islam. Pengangguran, kelaparan, pemerkosaan, pembunuhan, peperangan, pemurtadan,
tawuran, narkoba, tayangan-tayangan merusak, hutang negara yang setumpuk, korupsi, banjir, macet, dll.

Butuh orang-orang yang bisa memberikan telaga untuk kedamaian umat manusia. Dan orang itu adalah kita. Orang-orang yang telah terbina.

Dakwah harus dimulai dari diri kita sendiri. Dakwahi diri kita, keluarga kita, teman-teman kita, masyarakat kita. Biarlah Allah yang balas pahalanya.

Lantas, apa itu dakwah?
Menurut bahasa berasal dari kata “doa” yang berarti seru atau ajak
Menurut istilah berarti menyeru ataupun mengajak manusia untuk beriman dan beribadah kepada Allah SWT dengan melakukan perkara yang disuruh dan
meninggalkan laranganNya.

Dalam implementasi di kehidupan sehari-hari, kita kudu fleksibel dalam berdakwah. Dakwah harus sampai ke semua lapisan masyarakat, baik tua ataupun muda, kaya
ataupun miskin, pria ataupun wanita. Masing-masingnya memiliki pendekatan yang berbeda-beda.

Pak Tiffatul Sembirin pernah bilang, “Yang harus kita sampaikan adalah: (1) Islam, (2) dakwah, dan baru (3) partai. Yang no. 3 hanya kendaraan untuk menyampaikan
yang no. 1 dan 2. Kalau yang no. 3 tidak dibicarakan, asal yang no. 1 dan 2 tersampaikan tak mengapa. Tapi kalau sebaliknya, tidak benar.”

Beberapa keutamaan dakwah?
1. Dakwah adalah Muhimmatur Rusul (Tugas Utama Para Rasul alaihimussalam)
Katakanlah (Hai Muhammad): “Inilah jalanku: aku dan orang-orang yang mengikutiku berdakwah (mengajak kamu) kepada Allah dengan hujah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik”. (Yusuf (12): 108).

Nuh berkata: “Ya Tuhanku sesungguhnya aku telah mendakwahi (menyeru) kaumku malam dan siang. (Nuh (71): 5).

Cerita tentang dakwah Nabi Ibrahim kepada ayah dan kaumnya yang menyembah berhala terdapat dalam surat (Asy-Syuara (26): 69-82).

Cerita tentang dakwah Nabi Musa pada Fir’aun terdapat dalam surat (Az-Zukhruf (43): 46-47).

Cerita tentang dakwah Nabi Isa pada umatnya terdapat dalam surat (Az-Zukhruf (43): 63-64).

2. Dakwah adalah Ahsanul A’mal (Amal yang Terbaik)
Kenapa? Karena esensi dari dakwah adalah menyeru manusia untuk taat pada Allah. Dan taat pada Allah adalah jalan menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Siapakah yang lebih baik perkataannya daripada orang yang berdakwah (menyeru) kepada Allah, mengerjakan amal yang saleh, dan berkata: “Sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang menyerah diri?” (Fushilat (41): 33).

Sayyid Quthb rahimahullah berkata dalam Fi Zhilal Al-Quran: “Sesungguhnya kalimat dakwah adalah kalimat terbaik yang diucapkan di bumi ini, ia naik ke langit di depan kalimat-kalimat baik lainnya. Akan tetapi ia harus disertai dengan amal shalih yang membenarkannya, dan disertai penyerahan diri kepada Allah sehingga tidak
ada penonjolan diri di dalamnya. Dengan demikian jadilah dakwah ini murni untuk Allah, tidak ada kepentingan bagi seorang da’i kecuali menyampaikan. Setelah itu tidak pantas kalimat seorang da’i kita sikapi dengan berpaling, adab yang buruk, atau pengingkaran. Karena seorang da’i datang dan maju membawa kebaikan, sehingga ia berada dalam kedudukan yang amat tinggi…” (Fi Zhilal Al-Quran 6/295).

3. Dakwah memiliki keutamaan yang besar karena para da’i akan memperoleh balasan yang besar dan berlipat ganda (al-hushulu ‘ala al-ajri al-‘azhim).
Sabda Rasulullah saw kepada Ali bin Abi Thalib: “Demi Allah, sesungguhnya Allah swt menunjuki seseorang dengan (dakwah)mu maka itu lebih bagimu dari unta merah.” (Bukhari, Muslim & Ahmad).
Ibnu Hajar Al-‘Asqalani ketika menjelaskan hadits ini mengatakan bahwa: “Unta merah adalah kendaraan yang sangat dibanggakan oleh orang Arab saat itu.”

“Wahai Ali, sesungguhnya Allah swt menunjuki seseorang dengan usaha kedua tanganmu, maka itu lebih bagimu dari tempat manapun yang matahari terbit di atasnya  (lebih baik dari dunia dan isinya). (HR. Al-Hakim dalam Al-Mustadrak).

Rasulullah saw bersabda: “Sesungguhnya Allah swt memberi banyak kebaikan, para malaikat-Nya, penghuni langit dan bumi, sampai semut-semut di lubangnya dan ikan-ikan selalu mendoakan orang-orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.” (HR. Tirmidzi dari Abu Umamah Al-Bahili).

Berapakah jumlah malaikat, semut dan ikan yang ada di dunia ini? Bayangkan betapa besar kebaikan yang diperoleh oleh seorang da’i dengan doa mereka semua!

Imam Tirmidzi setelah menyebutkan hadits tersebut juga mengutip ucapan Fudhail bin ‘Iyadh yang mengatakan:
“Seorang yang berilmu, beramal dan mengajarkan (ilmunya) akan dipanggil sebagai orang besar (mulia) di kerajaan langit.”

4. Dakwah dapat menyelamatkan kita dari azab Allah swt (An-Najatu minal ‘Azab)
Tugas orang-orang beriman adalah berdakwah. Dan apabila dakwah telah disampaikan, maka terlepaslah tanggung jawabnya di hadapan Allah swt sehingga ia terhindar dari adzab Allah.

Dari Hudzaifah bin Yaman ra dari Nabi Muhammad Saw beliau bersabda: “Demi Dzat yang jiwaku berada di tangan-Nya, kalian harus melakukan amar ma’ruf dan nahi munkar, atau Allah akan menurunkan hukuman dari-Nya kemudian kalian berdoa kepada-Nya dan Dia tidak mengabulkan doa kalian.” (HR Tirmidzi, beliau berkata: hadits ini hasan).

5. Dakwah adalah Jalan Menuju Khairu Ummah (umat terbaik dan umat pilihan)
Rasulullah saw berhasil mengubah masyarakat jahiliyah menjadi umat terbaik sepanjang zaman dengan dakwah beliau. Dakwah secara umum dan pembinaan kader secara khusus adalah jalan satu-satunya menuju terbentuknya khairu ummah yang kita idam-idamkan. Rasulullah saw melakukan tarbiyah mencetak kader-kader dakwah di kalangan para sahabat beliau di rumah Arqam bin Abil Arqam ra, beliau juga mengutus Mush’ab bin Umair ra ke Madinah untuk membentuk basis dan cikal bakal masyarakat terbaik di Madinah (Anshar).

Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. (Ali Imran (3): 110).

Ayat lain tentang dakwah:

1. “Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar. Merekalah orang-orang yang beruntung” (Ali-Imran: 104)

Nah, ikhwah fillah sekalian, untuk bisa berdakwah, maka kita perlu bekal. Semakin banyak bekal yang kita miliki, semakin banyak yg bisa kita beri, semakin besar pula
kemungkinan dakwah kita berhasil.

Akan tetapi, dalam berdakwah, pegangan kita satu yaitu proses. Urusan hasil itu udah domainnya Allah. Yang harus kita lakukan hanyalah terus bekerja secara
maksimal disertai dengan niat yang tulus karena Allah SWT. Mudah-mudahan Allah SWT berkenan menerima amal dakwah kita dan memberikan keberkahan pada
hidup kita. Aamiin 🙂

Setelah kita paham tentang dakwah dan keutamaannya, lantas apa yang harus kita lakukan?
1. Perbanyak bekal
2. Komitment dengan tarbiyah (liqo dll)
3. Mulailah membina
4. Jadilah pelopor kebaikan dimanapun kita berada: di rumah, sekolah, organisasi, masyarakat, dll
5. Ikhlaskan hasilnya pada Allah SWT

Sekian 🙂

  • satu org tewas saat tawuran pelajar antara SMA 70 dgn SMA 6 td siang. yg tawuran, pasti bukan anak #Rohis. cc @Metro_TV
  • jelas sy prihatin dgn tawuran yg terjadi. beberapa murid sy juga ada yg dari SMA 70 Jakarta.
  • kayaknya, gak abis2 nih dua SMA (70 dan 6 Jakarta) tawuran. udah berurat akar kali ya.
  • beberapa teman sy semasa kuliah kebetulan ada yg dari SMA 70 Jakarta. tp sedikit yg anak #Rohis.
  • nampaknya perlu banyak anak #Rohis di kedua SMA tersebut (SMA 70 dan 6 Jakarta).
  • insyaAllah dah, makin banyak anak#Rohis nya, peluang tawuran bs makin sedikit. @Metro_TV
  • kegiatan2 tawuran, nongkrong2 di pinggir jalan, pacaran, ngerokok, mabok sampe narkoba, bakal tergantikan dgn yg lbh positif di #Rohis.
  • kegiatan2 #Rohis mah yg positif2, berpahala lagi. contoh: mentoring, pengajian sabtu, bimbingan baca quran, mabit, rihlah (jln2), dll
  • makin banyak kegiatan2 positif tsbt, makin bagus. oleh karena itu, jmlh anak2 yg ikut #Rohis harus makin banyak
  • ini tanggung jawab alumni2 #Rohis nya nih. adakah alumni Rohis dr SMA 70 dan SMA 6 Jakarta di sini?
  • jangan mau kalah dong dgn alumni2 yg sering dateng ke sana justru untuk profokasi tawuran dan hal2 negatif lainnya.
  • sy denger baik dr temen atau murid sy yg anak SMA 70 bhw sistem senioritas di sana begitu kental.
  • tau kan sistem senioritas yg saya maksud itu kayak gimana? #TawuranSMA70dan6
  • “eh gw senior lo, jalan nunduk lo di depan gw”. #TawuranSMA70dan6
  • “eh jangan nyolot lo ya di depan gw”.#TawuranSMA70dan6
  • seorang murid sy (perempuan) pernah bertutur: “ya elah kak, gw mah udah biasa kali di gebukin sama senior.#TawuranSMA70dan6
  • “dikurung di kamar mandi sendirian, rambut gw dicukur-cukur, sampe baju gw disilet-siletin, itu semua mah gw dah biasa”. #TawuranSMA70dan6
  • denger itu sy cuma bisa geleng-geleng. kok bisa ya segitunya?#TawuranSMA70dan6
  • waktu sy kecil yg suka tawuran itu anak2 STM yg isinya anak2 cowok semua.#TawuranSMA70dan6
  • skrg STM dah jarang tawuran, malah anak SMA gantian yg sering. lucu ya?!#TawuranSMA70dan6
  • anak SMA itu cocoknya “tawuran” sama pulpen, buku dan qur’an. gak cocok tawuran dgn samurai, pedang, golok, linggis. #TawuranSMA70dan6
  • katanya yg meninggal itu disabet pake celurit. yg nyabet anak kls 3 SMA 70. yg disabet kls 1 SMA 6, usianya baru 15 thn.#TawuranSMA70dan6
  • alhamdulillah blm pernah sy lihat SMA sy dulu, SMA 13 Jakarta tawuran..alumni#Rohis kuat sih..hehe @Metro_TV
  • lah kita kan yg senior2 mereka gak pernah ngajarin tawuran. apalagi ngajarin jadi teroris. #TawuranSMA70dan6
  • yg qt ajarin ke mereka itu: gimana caranya baca Qur’an yg bener, ibadah yg bener, perbaikin akhlak dgn guru & ortu, dll. #TawuranSMA70dan6
  • kehadiran #Rohis memberikan warna tersendiri bagi wajah pemuda Indonesia.#TawuranSMA70dan6 @Metro_TV
  • belom pernah sy denger dalam sejarahnya -dr thn 80an sampe skrg- anak #Rohistawuran. lah wong ngerokok aja kagak.#TawuranSMA70dan6
  • jadi makin banyak anak2 #Rohis di SMA, makin bagus. makin teduh dah tuh sekolah. #TawuranSMA70dan6
  • bagus tuh kl guru2 di SMA 70 dan SMA 6 Jakarta menghidupkan dan menggeliatkan#Rohis di sekolahnya masing2.#TawuranSMA70dan6
  • gak ada tuh ungkapan, anak #Rohis gak gaul. apa iya yg disebut anak gaul itu anak2 yg suka tawuran dan yg suka ngerokok? #TawuranSMA70dan6
  • yg baca Qur’an tuh yg gaul. udah pinter, soleh lagi. ini anak gaul. smart, brilian, peduli sama lingkungannya lagi.#TawuranSMA70dan6
  • di luar negeri anak2 SMA dah bisa ngerakit robot, nemuin teori2 baru, sukses bisnis, dll. di Indonesia tawuran. duh gusti#TawuranSMA70dan6
  • diajarin baca Qur’an, ngedalemin agama, benerin ibadah, malah dituduh sarang teroris..aduh aduhh,,#TawuranSMA70dan6 @Metro_TV
  • turut prihatin dgn pihak2 yg tak senang dengan kemajuan anak2 muda Indonesia, cc @Metro_TV#TawuranSMA70dan6
  • kl ketangkep, suruh jadi anak Rohis pak 🙂 RT @Metro_TV: Polisi Kejar 20 Siswa SMA 70 metrotvn.ws/N107298
  • tuh barusan berita dr @Metro_TV: Polisi Kejar 20 Siswa SMA 70. enak apa didenger? anak SMA dah harus kejar2an sama polisi #TawuranSMA70dan6
  • kebanyakan anak2 SMA itu tawuran biasanya karena ikut2an atw gara2 gak enak sama senior atau karena takut sama senior. #TawuranSMA70dan6
  • murid sy yg anak SMA 70 pernah bilang: “kita kl gak ikut tawuran dibilang banci kak”. #TawuranSMA70dan6
  • apa iya #TawuranSMA70dan6 yg katanya sudah berurat akar itu tak bs diselesaikan?
  • meminjam bahasanya seorang guru: bisa kok asal kita mau dan yakin bisa untuk stop #TawuranSMA70dan6.
  • gak ada toh yg gak mungkin di dunia ini selama kita mampu membayangkannya. termasuk untuk stop#TawuranSMA70dan6 itu.
  • tuh barusan baca lagi dr twit seseorang,#TawuranSMA70dan6 dah terjadi dari thn 80an. ampun ya Allah.
  • saya pengen denger nih gagasan dr tuips2 sekalian: “gimana cara #StopTawuran#TawuranSMA70dan6 ini?” ada ide? yuk share di sini..
  • sy mau kasih ide. ide pertama saya adl: menghidupkan dan menggeliatkan #Rohisdi SMA 70 dan SMA 6 Jakarta.#TawuranSMA70dan6
  • @nuralimuchtar #StopTawuran#TawuranSMA70dan6,, saran dr pak Harto bersama ust.Hilmi u/ adakan sanlat 3 harian dgn #Rohis sbg pelaksananya
  • waduh.. RT @adreem68@nuralimuchtaradain pertandingan tinju satu lwn satu.lbh fair.
  • @Metro_TV meminta maaf via tulisan di website mereka terkait berita tendensius thdp #Rohis. tp ini tdk cukup, hrs ada siaran langsung.
  • @Metro_TV berdalih bhw mereka tdk menyebutkan #Rohis itu adl sarang teroris/tempat pengkaderan teroris/pola baru pengkaderan teroris2 muda
  • tapi jelas, sangat jelas sekali maksud tersirat dr kalimat2 berikut bhw@Metro_TV ingin menyudutkan #Rohis.pic.twitter.com/5oYRobBY
  • @Metro_TV jg mengatakan bhw data2 tsbt, yg ada 5 items itu, sumbernya bukan dr Metro TV, tp dr sumber lain. #Rohis
  • lah berarti @Metro_TV “menyalahkan” Prof Bambang Pranowo krn dialah sumber ke5 items tsbt. #Rohis
  • tp Prof Bambang Pranowo jg menyangkal bhw ia tdk mengatakan yg dimaksud dr ke5 items tsbt adl #Rohis@Metro_TV
  • loh kok jadi ngeles? aya aya wae. gak “gentle” nih @Metro_TV n Prof Bambang Hernowo. #Rohis
  • jelas yah mereka berdua cuma pengen ngeles. @Metro_TV #Rohis
  • kl kita pikir2, knp @Metro_TV buat ulasan berita sprt itu & knp jg yg jd pembicara rof Bambang Pranowo yg kata org adl antek JIL? #Rohis
  • yg namanya JIL, jelas mereka2 ini kerjaannya cuma pengen ngerusakin umat Islam. #Rohis
  • krn #Rohis adl cikal bakal kebangkitan umat Islam tdk hny di Indonesia, tp di seluruh dunia, so mereka ingin hambat gerak laju dg cara itu.
  • sekarang kita tahu bhw @Metro_TV telah ditunggangi JIL. atau Metrox menunggangi JIL? #Rohis
  • mk sy menghimbau pd seluruh umat Islam tk benar2 selektif dlm menilai setiap berita yg ditayngkan @Metro_TV. apalagi terkait Islam. #Rohis
  • pesannya: “hati2 ada pembusukan umat di dlm berita2 mereka”. @Metro_TV#Rohis
  • apa kita doain aja supaya @Metro_TV ini bangkrut? #Rohis
  • amin aja deh ya. semoga @Metro_TVbangkrut. gak enak yah doanya? makenya jangan buat berita seenak udelnya aja.#Rohis
  • cukup dulu dah ya ngebully @Metro_TVnya. qt akn terus bully mereka di twitter, dll sampe mereka mau buat tayangan minta maaf di TV. #Rohis
  • Piuhhh,,gara2 @Metro_TV buat fitnah bahwa #rohis itu sarang teroris gw jd blm tidur dah ampe jam1.21 gini. Kampungan bangat sih ni Tipi.
  • Masih kepikiran sampe sekarang ttg siaran @Metro_TV yg mengatakan bahwa #Rohis merupakan basis pengkaderan teroris2 muda.
  • Jelas sekali bhw tujuan mereka menyiarkan berita tsbt adl dlm rangka memojokkan #Rohis yg merupakn sistem pengkadern Islam terbaik saat ini
  • Memang secara eksplisit @Metro_TV tdk menyebutkan #Rohis, tp jelas itu mengarah pd Rohis di sekolah khususnya (SMP & SMA) atwpun di Kampus
  • Mau bukti? Silakan baik2 baca screenshoot pict yg dibuat@Metro_TV berikut. #Rohispic.twitter.com/8gMzcdE9
  • Perhatikan point satu & dua yg mengatakan bhw pola rekrutmen teroris muda berasal dr sekolah2 umum melalui ekskul di masjid2 skul. #Rohis
  • Pertanyaannya adl: ekskul masjid di skul2 umum apa namanya kl bukan #Rohis? Ada yg lain? @Metro_TV
  • Di SMP/SMA qt sebut #Rohis dgn berbagai macam nama, di kampus ada Lembaga Dakwah Kmps. Intinya sama, rohis2 jg.@fsldkindonesia @Metro_TV
  • Kl @Metro_TV katakan bhw #Rohis adl sarang pembinaan teroris2 muda, berarti ia telah katakan smua org yg aktif di rohis adl calon2 teroris.
  • Ihhhh,, ngerih deh, masa gw dibilang teroris, @Metro_TV? Emak gw aja gak pernah nuduh gw teroris. Nah ini, elu nuduh qt teroris??#Rohis
  • Udah bukan rahasia umum lagi kok kl anak2 #Rohis itu biasanya pinter2, aktif2, paling peduli sama guru, dan bnyk prestasinya.@Metro_TV
  • Guru2 gw di SMA gak bosen2nya bilang: “anak2 #Rohis emang jempolan. Jebol PTN semua”. @Metro_TV
  • Apa aja sih yg diajarin/dipelajari di #Rohis? Apa bener dicekokin materi2 pembekalan untuk menjadi seorang teroris?
  • @Metro_TV: mari qt tanya langsung junior2 sy yg aktif di #RohisSMAN 13 Jakarta. @wicakwishnu @gianopratama @ilhamnahadi@amd_ef @yaumilf
  • @Metro_TV: tanya jg ke @aji_putro_p @Wahyu19 @fajarmelody@achmadsetyo @muhammadsurya @RaynaldiSuhaili @AzharDz@adarwawan @AldoReaper
  • apakah mereka semua diajarkan dibekali untuk menjadi seorang teroris? #Rohis@Metro_TV
  • atau @Metro_TV bs tanya langsung ke kk2 #Rohis mereka:@akn15911 @abdushshabur @ahmmujahid @ArieMaulana4@teddyseptiansa
  • tanyain dan iris kuping saya kl kk2 mentor ini ngajarin adik2 #Rohis di SMAN 13 untuk jd teroris. @Metro_TV
  • oh iya ya, teroris itu kan buatannya Amerika ya. dan Amerika takut kl umat Islam bangkit lewat #Rohis ini. @Metro_TV
  • makenya mereka halalkan segala cara. termasuk fitnah lewat media@Metro_TV#Rohis
  • masy Indonesia dah paham kok siapa @Metro_TV ini. seringnya tdk berimbang dlm memberitakan sesuatu.. #Rohis
  • seringnya memberitakan seoalah2 negeri ini begitu buruk. dan setelah iklan, keluarlah NASDEM, gerakan perubahan. cape deh.#Rohis @Metro_TV
  • apa baiknya kita laporin @Metro_TV ini ke KPI atas fitnah yg ia tujukan pd #Rohis SMA?
  • barusan sy dapet SMS dr seorang teman yg intinya mengajak semua org yg peduli pd #Rohis SMA untuk melaporkan @Metro_TV ke KPI.
  • nih bunyi SMSnya: “kawan, segera adukan @Metro_TV ke KPI dgn kirim SMS pengaduan ke KPI SMS Center (081213070000)”. #Rohis@hafidz_ary
  • dah dulu ya tuips bully @Metro_TV nya. mudah2an mereka sadar dan segera tobat. amin. sekian. was,, #Rohis
Tags: ,
  • Masalah2 #anakSMA itu apa aja sih? Dah lupa deh dulu waktu SMA masalah2 sy apa aja. Need help!?
  • Tp palingan gak jauh2 dr akademis (pelajaran), gak bs bagi waktu, pr yg banyak, galau pengen ikut2an pacaran, pengen diliat gaul. #anakSMA
  • Yg lain: takut saat bljr di kls cz blm bljr di rmh mlmnya, ga siap ujian, ortu yg nuntut hrs juara kls, fisik yg gampang drop. #anakSMA
  • Ada lagi kah masalah2 #anakSMA yg lainnya?
  • Pentingkah buat sy yg skrg sudah masuk pd tahap fokus mencari maisyah (nafkah)? Artinya sudah bukan #anakSMA
  • Sy pengen tau apa sj masalah2 #anakSMA yg tujuannya adl agar bs menyelami kehidupan mereka dalam2.
  • Saat saya tau masalah2 utama yg menghinggapi mereka, di titik itulah sy berusaha semaksimal mungkin utk membantu mereka. #anakSMA
  • Mereka punya masalah A, seumpama. Ya sy bantu di A, bukan di B. #anakSMA
  • Atas dasar itulah sy lebih senang memberikn materi2 yg mereka butuhkan saat mentoring, alih2 kasih materi yg qt kuasai & senangi. #anakSMA
  • Dan itu mengharuskan qt tdk saklek dlm pemilihan materi. Fleksibel aja lah. #anakSMA
  • Ada yg bertanya: “lho, bukankah mentoring itu sudah ada sistemnya? Termasuk dlm materi2 yg harus disampaikan beserta urutan2nya?” #anakSMA
  • Selanjutnya, “Kl gak ikutin panduan materi beserta urutan2nya, tar malah gak sesuai dgn yg diharapkan dr mentoring lagi?” #anakSMA
  • Menurut hemat saya, materi2 yg ada beserta urutan2nya itu, bagus jg dijadikan referensi. Hnya sj qt tdk harus saklek mengikutiny. #anakSMA
  • #anakSMA ini bisa dibilang sedang masa2 galau pencarian jati diri. Dan mereka sangat butuh bimbingan agar masalah2 mereka teratasi.
  • Kan jd gak nyambung kl qt kasih materi2 yg sesuai panduan tp sebenarnya mereka lg punya masalah yg lain. Malah gak efektif #anakSMA
  • Nah bagaimana menyiasati agar apa2 yg diinginkan dr buku panduan yg berisi materi2 yg sudah diurutkan itu tetap tersampaikan? #anakSMA
  • Kl saya sih biasanya tinggal pikirin, point2 dan muashofat2 apa saja dr materi2 panduan itu yg harus didapatkan peserta didik. #anakSMA
  • Trus qt sisipin deh saat qt menyampaikan materi. #anakSMA
  • Yg penting kan apa2 yg diharapkan dr panduan2 dasar tsbt tetep tersampaikan pd peserta mentoring. #anakSMA
  • Keuntunganny dobel: mereka dpt apa yg mereka butuhkan & jg muashofat2 (standar2) yg qt inginkan ttp tersampaikn. Lebih asik toh? #anakSMA
  • Segitu dulu ya tuips sharing2 ttg #anakSMA. Semoga bermanfaat. Wasalam,,
Tags: ,
  • Makin banyak yg #wisuda, makin majulah bangsa ini. Jangan pandang sinis/negatif dgn mengatakan: makin bnyk wisuda, makin bnyk pengangguran.
  • Alhamdulillah hari ini @univ_indonesia meluluskan 8.672 wisudawan mulai dr D3-S3. Terbanyak sepanjang sejarah UI. #wisuda
  • Ini aset bangsa. Di tangan merekalah nasib bangsa ini dipertaruhkan.#wisuda
  • Pandangan yg salah menurut sy sering dilontarkan pengusaha2 yg sudah sukses: “mau jadi pengusaha, pendidikan gak usah tinggi2”.#wisuda
  • Kl bisa jd pengusaha dgn gelar S3, itu lbh baik kawan. Apa tdk bisa? Menurut saya, bisa2 saja. Qt punya potensi tak terbatas kok #wisuda
  • Di sini sy ingin menekankan bhw sangat penting bg sebuah bangsa tk memiliki bnyk doktor d berbagai bidang. Syarat tk maju. Catet.#wisuda
  • Israel (Yahudi) punya 13.000 master (ahli) tiap 1juta org. Eropa (kristen) punya 6.500 master tiap 1jt org. Jepang (Shinto) 6.000.#wisuda
  • Rusia (Orthodoks) 5.000. India (Hindu) 1.300. Mesir (Islam) 370. Dan Indonesia (Islam) hny punya 74 master tiap 1jt org. #wisuda
  • Itu adl data UNDP 2003. Sungguh mengenaskan bukan? “Oh bangsaku, sadarkah kau bhw tarbiyah (pendidikan) itu sangat penting!?”. #wisuda
  • Kita berharap semoga bukan hnya UI yg meluluskan bnyak wisudawan nan berkualitas tiap tahunnya, tp jg univ2 lain di Indonesia. #wisuda
  • Konon dr 8.672 wisudawan, terdapat 1.230 yg lulus dgn predikat cumlaude. Ini meningkat 3X lipat dr thn sebelumnya. Subhanallah.#wisuda
  • Tp ini harus terus digenjot. Tingkatkan lg kuantitas dan kualitas lulusan2 UI. Bangsa memanggil kalian semua, kawan. #wisuda
  • Semoga dgn terpilihnya rektor @univ_indonesia yg baru nanti, UI makin baik lg ke depannya. #pilrekui #wisuda
  • Mari tuips qt mulai dr diri qt masing2. Bangun komitmen untuk terus mengabdi bagi tanah pertiwi. Tiada hari tanpa belajar. #wisuda
  • Rahasia kemajuan suatu bangsa terletak pd seberapa kuat motivasi belajar dr seluruh stakeholder yg mendiami wilayah tsbt. #wisuda
  • Bangsa pembelajar hanya mungkin dicapai jk tiap2 individu dr bangsa tersebut bs menjadi manusia pembelajar. #wisuda
  • Dan semoga Allah merindhai segala amal perbuatan yg qt lakukan demi kemaslahatan bangsa dan umat ini. #wisuda
  • Demikian sedikit kultwit sy tentang #wisuda. Semoga bermanfaat. Wasalam 🙂
  • Malam tuips, baru sampe kost nih. Abis #Ngaji. Posisi sy sbg mutarobi (yg dibina).
  • InsyaAllah besok sebaliknya. Sy yg jadi murobbi (yg membina). Murobbi di SMA #Ngaji
  • Ada yg bertanya, bahkan cenderung sinis: “lo ilmu masih cetek udah berani ngisi pengajian”. #Ngaji
  • Tuips, tak perlu nunggu ilmu menggunung untuk bs mendidik dan menyeru org lain. Apa yg qt tau, walau sedikit, sampaikanlah. #Ngaji
  • “Sampaikanlah walau satu ayat”. Begitulah bunyi hadits Nabi SAW. #Ngaji
  • Memang penting untuk mendapatkan ilmu saat mengaji. Tp yg jg tak kalah penting adl proses penjagaan dan pengingatan dr kelompok #Ngaji qt.
  • Bisakah Anda senantiasa berada pd trek yg benar (lurus) tanpa ada orang/kelompok yg mengingatkan? #Ngaji
  • Hampir mustahil menurut saya. Manusia itu tempatnya lalai dan yg namanya iman, ia naik dan turun setiap saat. #Ngaji
  • Jadi tak ada org yg keimanannya senantiasa konstan berada di atas gunung. Makanya butuh ada yg mengingatkan. Dr sanalah ia terjaga. #Ngaji
  • Hal lain yg qt dapatkan dr mengaji adl nikmatnya ukhuwah dan jamaah. #Ngaji
  • Salah satu pilar kebangkitan umat adl ukhuwah yg menyatukan hati tiap2 org yg beriman. #Ngaji
  • Hati yg bersatu dan paham akan visi dan misinya, tak mudah digoyahkan. Ialah karang yg bisa membelah lautan. #Ngaji
  • So, yg namanya ngaji (baik membina ataw dibina), kedua-duanya sangat penting. Lakukanlah kalo beg begitu. #Ngaji
  • Semoga Allah memberkahi apa2 yg qt lakukan dgn kesungguhan dan keikhlasan karena-Nya. #Ngaji
  • Semangat #Ngaji (sekian)

Jakarta (12/6)–Semakin dekatnya waktu pemilihan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta, pasangan nomor urut 4, Hidayat Nurwahid-Didik J. Rachbini terus menuai dukungan dari masyarakat.

Kali ini dukungan datang dari warga di kawasan Mampang VI, Kelurahan Tegal Parang, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Ratusan warga, yang terdiri dari bapak-bapak, kaum ibu serta pemuda, antusias menyambut kehadiran Hidayat Nurwahid, Selasa (12/6) malam.

Pada acara tersebut sekaligus juga dilakukan deklarasi dukungan warga Tegal Parang untuk memenangkan pasangan Hidayat-Didik.

Dalam sambutannya, Hidayat meluruskan fitnah yang menyebut dirinya dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) anti Maulid. Menurutnya, tuduhan tersebut sangat tidak beralasan karena dirinya kerap menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Soleh Rahmani, tokoh masyarakat Mampang yang juga sempat belajar bersama Hidayat di Madinah, Arab Saudi, mengungkapkan, walaupun berbeda aktivitas, dirinya dan Hidayat tetap menekuni jalan dakwah.

“Sekarang, saya dan Ustadz Hidayat tetap sama-sama memperjuangkan dakwah, namun cara dan jalannya agak berbeda,” ungkap Soleh.

Ia juga menyampaikan harapan agar Hidayat bisa berhasil dalam pemilukada Juli mendatang, karena diharapkan kemenangan tersebut akan sangat membantu perjuangan dakwah.***

sumber: http://www.hidayatdidik.net/

Mentoring

Mentoring

Mantapkssss..sebelumnya mentoring (ngaji) di kantin sambil makan magnum. Sekarang mentoring maen futsal. Minggu depan mentoringnya di gunung..insya-Allah..hehehehe…

Yang namanya mentoring, gak harus melulu di dalam masjid atau mushollah atau ruangan tertutup. Mentoring bisa di mana saja karena esensi dari mentoring adalah kehidupan. Yah, kita mencoba menjadikan hidup jadi lebih hidup atau hidup jadi lebih bermakna dan bermanfaat lewat mentoring. Oleh karena itu, mentoring harus menarik. Mentoring harus dinamis dan menyenangkan..

Tapi jelas butuh pengorbanan. Utamanya bagi kakak mentoring (murabbi). Pengorbanan ini bisa dalam bentuk yang beragam mulai dari tekad dan kemauan (ini yang paling penting), waktu (baik untuk belajar dan minyiapkan bahan atau untuk ngisi pas mentoring), hingga kesiapan materi. Kesemuanya harus disiapkan. Tapi, disitulah tantangannya bagi seorang murabbi, bahwa ia harus menjadi seorang yang memiliki ambisi dan tekad yang kuat, kesediaan untuk meluangkan waktu serta memiliki uang yang cukup (minimal untuk nyediain makanan pas mentoring atau sewa lapangan untuk futsal). Maka seorang murabbi dituntut untuk menjadi seorang manusia “sempurna”.

PKS Marunda

tadi maen bola dengan anak-anak dari bambu kuning rw2, sungai tiram, marunda, jakarta utara. dari 12 orang anak usia sekolah smp-sma, dimana mereka ini masih dalam satu rt, cuma 3 orang yang masih sekolah. sisanya putus sekolah. alasan utamanya selain masalah dana yaitu tidak adanya motivasi dari lingkungan tempat dimana mereka tinggal sehingga mereka menggangap, buat apa sekolah? apa gunanya buat kami? toh si anu lulusan sma sama aja dengan kita-kita dan kebanyakan orang, MENGANGGUR. ironis.

tetapi ada hal penting yang perlu kita renungi di sini yaitu kenyataan bahwa suatu bangsa tidak akan bisa maju jika minat sekolah (belajar) anak-anak usia sekolahnya kecil atau bahkan hilang sama sekali. pendidikan (tarbiyah) adalah jawaban dari pertanyaan: “apa kunci dibalik kemajuan peradaban suatu bangsa?”.

dari tarbiyah (pendidikan) inilah segalanya bermula. dan memang ada benarnya perkataan, “tarbiyah memang bukan segala-galanya, tapi segala-galanya bisa bermula dari tarbiyah”. so, tarbiyah adalah keniscayaan bagi umat manusia, lebih-lebih untuk rakyat indonesia dimana negara besar ini masih dalam posisi tertinggal cukup jauh dibandingkan dengan negara-negara maju yang lain.

PKS Marunda

PKS Marunda


Total Kunjungan:

  • 659,630 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: