Nur Ali Muchtar

Archive for the ‘Tokoh’ Category

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Anis Matta mengajak masyarakat untuk bekerja dalam skala peradaban. Hal ini disampaikannnya pada Pengajian Bulanan Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah di Menteng, Jakarta, Jumat (3/1).

Anis mengambil contoh dari bangsa Ingris dan Arab. Menurutnya, dua bangsa tersebut kecil secara teritorial, tapi punya pengaruh besar di dunia. Hal itu terutama terlihat dari segi bahasa.

“Itu karena mereka bekerja dalam skala peradaban, bukan sekadar skala negara. Negara bagi mereka adalah tools of civilization, bukan pusat segala-galanya. Maka kalau mau menjadi bangsa besar, bekerjalah dalam skala peradaban,” katanya.

Anis juga menjelaskan Islam tidak membatasi bentuk negara. “Dalam perspektif Islam, format negara tidak pernah dibatasi bentuknya. Negara merupakan alat untuk menciptakan peradaban manusia yang lebih baik,” ungkapnya.

Anis kemudian mengutip ayat yang dibaca qari (pembaca ayat Al-Quran) di awal acara, QS. Ar-ra’d: 11. Setelah secara fasih menerangkan tata bahasa ayat tersebut, Anis menjelaskan nilai penting individu sebagai aset perubahan masyarakat.

“Satuan terkecil dari masyarakat adalah individu. Kita bisa mengubah masyarakat kalau bisa mengubah satuan terkecilnya, yaitu individu. Dan yang kita ubah dari individu ini ada tiga lapis, yaitu pikirannya, perasaannya, dan tindakannya,” jelasnya.

Menurut Anis, tindakan yang berulang-ulang itu disebut sebagai kepribadian. Dan kalau kepribadian individu itu digabung menjadi satu, maka disebut sebagai budaya. Lalu Anis menyimpulkan, “Itu sebabnya saya percaya bahwa kekuatan terbesar Indonesia di masa yang akan datang, itu pada kebudayaannya.”

Pengajian bulanan PP Muhammadiyah kali ini bertema “Visi Indonesia Masa Depan”. Beberapa tokoh nasional, seperti Ketua MPR Sidharto Danusubroto, Anggota DPD AM Fatwa, Jenderal TNI Wiranto, Wakil Ketua MPR Hadjriyanto Thohari, Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, terlihat hadir di acara ini. (DLS/MFS)

sumber: anismatta.net

Ceritanya kemarin sempet liat ust @Yusuf_Mansur ceramah di UI. Beliau bilang dah buat 250 buku yg berbeda.

“Kok bisa?”, lanjut beliau, karena dua hal ini: 1. No wasting time. 2. Deket sama Qur’an.

Tidur beliau biasanya dr pkl 10-2 pagi. Bangun langsung tahajud dan nulis buku bisa sampe pkl 7 pagi.

Beliau mengkritik anjuran org2 medis yg mengatakan bhw tidur itu harus 8 jam. “Itu kebanyakan. Mau aja ente dibodo-bodoin”, tegas beliau.

“Jangan tidur lg setelah sahalat tahajud / subuh. Ini sumber petaka. Waktu subuh – pg adl waktu yg sangat bagus utk menulis”, lanjut beliau.

“Mahasiswa UI kesulitan buat skripsi? Jawabnnya satu: terlalu banyak wkt yg disia-siakan selama kuliah. Potensi jd ga maksimal”

“Kurangi tuh waktu kongkow2 ga jelas, kurangi nonton TV (invotainment), pergi ke mall, dan kegiatan2 lain yg bikin wasting time”

Beliau jg sangat menekankan utk qt dekat dgn Al-Quran. Baca Quran tiap hari. Baca artinya. Renungkan. Amalkan. Hafalkan. Top dah.

“Org yg dekat dgn Al-Quran, waktunya akan terasa lapang. Dan kita akan tercengang sendiri dgn produktivitas yg bs qt buat”

“Bisa buat ini, bs buat itu. Bs buat hal2 lain yg org lain pun susah utk buat. Ini karena faktor Al-Quran”

“Allah maha pemberi waktu dan kehidupan. Dan Ia pula lah yg bs memberikan kelapangan pd hidup qt”

Sekian dulu kultwit pg ini. Semoga qt bs ambil inspirasi dr kisah ust @Yusuf_Mansur ini. Wasalam 🙂

“Peradaban Manusia” oleh Ahmad Heryawan, Gubernur Jabar

Disampaikan dlm Democratic and Economic Youth Summit 2013 tgl 26 Oktober 2013 di Kadıköy Kozyatağı Kultur Merkezi, İstanbul.

***

İbnu Khaldun menceritakan pentingnya peradaban

Banyak syarat peradaban, namun saya hanya menceritakan satu syarat saja

Utk membangun peradaban masih ada harapan. Bolehlah saya bilang harapan itu masih ada

Apalah Jabar dibanding Turki. Penduduknya 45juta, sedang Turki 83juta

Namun keyakinan saya berbanding terbalik dg paham yg dianut Turki. Turki memisahkan agama dg negara, namun saya berpendapat kesejahteraan berbanding lurus dg ketakwaan

Ketika Umar bin Abdul Aziz memimpin, kesejahteraan tdk hanya maal namun juga spiritual

Ketika masa Umar bin Abdul Aziz tdk ada yg menerima zakat

Beda dg masa kini yg lebih banyak penerima zakat drpada pemberinya

Pada kesempatan ini saya tdk hanya akan membicarakan ttg Demokrasi dan Ekonomi saja krn itu terlalu kecil bagi mahasiswa di Turki

Saya akan membicarakan ttg peradaban

“Huwalladzi arsala rasulahu bil huda wa dinil haq liyudhirahu ‘ala dini kullih..”

“Wa maa khaqtul jinna wal insa illa liya’budun”

Karena waktu di dunia sangat pendek, kita diminta utk membuat karya sejarah. Ketika kita wafat, peninggalan2 itu masih bermanfaat bagi manusia

Gedung Pakuan dan Gedung Sate misalnya, sampai saat ini masih kokoh. Beda dg bangunan tender, umur manusia masih tp bangunan sudah roboh

Karena apa? Krn tdk memikirkan karya menyejarah

İnteraksi manusia dg bumi, menggunakan manhaj itu maka lahirlah peradaban

Saat manhaj yg dipakai berasal dr Allah, maka peradaban yg akan terbangun adl hadharah İslamiyah. The true civilization

Semua peradaban telah dipergilirkan, hanya Melayu yg belum. Maka insyaAllah saya yakin di masa depan İndonesia yg akan memimpin

Sebanyak 17.501 pulau negeri ini dan kita bisa menyatukannya, maka itu adl prestasi yg kita miliki utk memimpin peradaban

Peradaban hadir utk membangun kesejahteraan. Umar ibn Khattab yakin setelah membaca surat Taha ayat 2: sesungguhnya Kami menurunkan Al-Qur’an bukan utk membuat kalian susah

Tidak susah=sejahtera

Yg kedua adl rasa aman. Sejahtera mewujudkan rasa aman

Yg ketiga adl penghambaan pada Allah swt. Banyak yg berbicara ttg peradaban pada nomor 1 dan 2, namun tdk membicarakan yg ketiga

Manhaj keseimbangan, seperti tertulis dlm Qur’an surat Al-Jumu’ah ayat 9-10: “…bergegaslah menuju ketkwaan dan tinggalkanlah jual beli”

Para ulama bersepakat ketika transaksi ketika Sholat Jum’at berlangsung, maka transaksinya batal/tdk sah

Manusia lbh mulia kaya dan bersyukur daripada miskin dan bersabar

Maka seorang muslim berhak utk kaya dan berhak utk menjadi kaya

Dlm hadits nabi hanya ada 2 do’a kemabruran. Pertama utk haji mabrur, kedua utk pedagang mabrur. Hanya saja tdk populer di masyarakat kita pedagang mabrur

9 dari 10 sahabat yg dijamin masuk surga itu orang kaya. Semuanya adl pedagang..

9 dari 10 pintu rezeki jg dari perniagaan. Saya amat aneh melihat banyak yg tidak berminat jd pengusaha

İndonesia hanya 0,8% dari populasi merupakan pengusaha

Sy secara khusus ingin anak2 di Jabar jd pengusaha

Sy akan berbicara ttg manusia. Apa ciri manusia berperadaban? İmam Hasan Al-Banna mewasiatkan dg 10 muwashafat/ciri manusia unggul

Dr İmam Hasan Al-Banna sy akan meringkas jadi 4 versi Ahmad Heryawan: cerdas, sehat, daya saing, taat & taqwa

Cina mengirim ratusan pelajar ke luar negeri tahun 1973. Mereka hanya butuh 10% dr mereka kembali ke Cina

Pada masa kini 10% itulah yg membangun Cina, negara dg GDP terbesar di dunia

Pesan saya bagi anak2 İndonesia di Turki, baik yg pulang maupun tidak, tetaplah bangun peradaban masa depan dan hadirkan İndonesia di manapun kalian berada

***
END.

  • Barusan baca majalah “Media Umat” milik #HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yg terbaru. Topik yg mereka bahas mengenai Freeport.
  • Tp ada satu berita di dlmnya yg berkaitan dgn Pilkada DKI Jakarta. #HTI
  • Dan “jengkelnya”, berita itu mengulas ttg PKS dan @hnurwahid(Bang Hidayat). Apa kata mereka di tulisan itu? #HTI
  • Judul tulisannya adl “Plin-Plan atau Malah Cari Aman?”. Isi ya “nyindir” @pksejahtera gitu. #HTI
  • Mereka mengatakan @pksejahtera ini inkonsisten, cari aman, dsbg. Intinya, sama lah dgn bullyan2 pihak2 lain yg tak senang dgn PKS. #HTI
  • Sebenernya itu hak mereka untuk nulis apa saja. Bukankah itu salah satu berkah Demokrasi? Ups, demokrasi, mereka gak setuju pasti. #HTI
  • Tapi kadang buat jengkel juga. Qt ini sama2 org Islam, dan punya tujuan yg sama. Yg beda hanya masalah manhaj (metode) dakwah saja. #HTI
  • Anda gerak di luar sistem karena Anda tak setuju dgn sistem Demokrasi. PKS gerak di dlm sistem karena qt ingin manfaatin demokrasi. #HTI
  • Qt yg di dalem ini siap menerima resiko apapun, termasuk cap kafir dan zalim yg Anda alamatkan itu. Anda yg di luar ngapain? #HTI
  • Biasanya org2 yg di luar sistem paling banyak energinya dihabiskan untuk mencerca, menghina, dan mencemooh pemimpin2 yg ada skrg.#HTI
  • Musuh kami bukan Anda (#HTI). Anda adl saudara kami. Musuh kami adl org kafir, zionis yahudi israel, dan org2 yg memerangi kami. #HTI
  • Oleh karena itu, selayaknya lah qt saling mendukung, kawan. Bukan malah ikut2an yg lain: ngebully, mencerca, mencemooh, dll. #HTI
  • Sy mau tanya, kl ada momen2 pilkada, pemilu, dsbg, suara Anda ke mana? Golput kan? #HTI
  • Skrg kl kasusnya kayak Pilkada Jakarta skrg ini gimana: yg masuk final malah Foke yg gagal dan Ahok yg kafir? #HTI
  • Kmrn yg jelas2 ada seorang ustadz gak Anda pilih. Dan lagi2, Anda hanya mengatakan: memilih pemimpin yg ada skrg adl haram. Gubrak. #HTI
  • Memang percuma berdebat panjang dgn Anda, gak bakal ketemu. Mungkin ketemunya nanti kl sudah tegaknya sistem islam di dunia ini.#HTI
  • Oleh karena itu, yuk saling berjuang. Caramu, caramu. Cara qt, cara qt. Jangan lg ngebully-bully qt. Okesip? #HTI. Was,,
Tags:
  • Twips, lg ikut buka puasa bareng nih di HidayatDidik Center. #BukberHDC
  • Pas banget saat ini Bang @hnurwahid memberikan sambutan. #BukberHDC
  • Bang @hnurwahid: berdasarkan data ICW, semua kandidat melakukan money politic, hanya no.4 (HidayatDidik) n no.5 yg tidak. #BukberHDC
  • “Qt tdk bs memaksa kehendak pd masy meski banyak hal baik yg qt tawarkan tk masy” #BukberHDC
  • “Tp sbg seorang muslim, tak ada kata berhenti bekerja dan berjuang” #BukberHDC
  • “Teruslah berjuang dan gapailah limpahan pahala atas kerja2 qt” #BukberHDC
  • Terakhir bg @hnurwahid menyampaikan ucapan terima kasih atas segala dukungannya selama pilkada pd semua elemen masy #BukberHDC
  • Sekarang dilanjutkan sambutan dr KH. Luthfi Hasan Ishaq selaku Presiden PKS. #BukberHDC
  • Pak luthfi turut memuji ttg keteladanan Bang @hnurwahid#BukberHDC
  • “Apabila segala usaha telah dikerahkan, maka urusan hasil adl domainnya Allah” #BukberHDC
  • “Terkait dgn peta koalisi, qt masih melakukan riset sambil mendengarkan masukan2 dr setiap elemen” #BukberHDC
  • “Setidaknya ada 3 pilihan: ke no.1, no.2 atau tdk memberikan pd kedua-duanya. Masing2 ada sisi positif dan negatifnya” #BukberHDC
  • Hadirin memberikan aplaus yg meriah saat pilihan ke tiga dipaparkan oleh bapak Presiden..heehe #BukberHDC
  • “Apapun pilihan qt, qt akan tetap berjuang untuk membela umat kita” #BukberHDC
  • Demikian sedikit pidato dr KH. Luthfi Hasan Ishaq. Hehe #BukberHDC
  • Yg mau kasih masukan terkait pilihan koalisi, mungkin bs sampaikan ke sobat kita, cc @HidayatDidik. Hehe #BukberHDC
  • Time to do’a #BukberHDC

Ayo DAFTARKAN diri anda
dalam FESTIVAL Rancang Busana Batik JAKARTA

Pendaftaran peserta (GRATIS) pd tgl 15-20Juni 2012
pukul 8 pagi- 8 malam di HidayatDidik Center
jl. warung buncit raya No. 30, Jati Padang, Ragunan, Ps. Minggu

Hasil karya (busana) dikumpulkan paling lambat pd tgl 21Juni 2012
pukul 4 sore

ketentuan:
1. USIA peserta* minimum 17tahun
2. Bahan batik disediakan o/ panitia (GRATIS)
3. Stylish dan Santun
(busana perempuan berlengan dan di bawah lutut)
4. Karya orisinil belum pernah diikutsertakan dalam lomba

HADIAH:
JUARA 1= Rp. 4.000.000+Thropy+Sertifikat
JUARA 2= Rp. 3.000.000+Thropy+Sertifikat
JUARA 3= Rp. 2.000.000+Thropy+Sertifikat

*semua peserta lomba mendapat sertifikat

CP: Monik 081381019318 atau Ulyva 085217178929

dan HADIRILAH Pagelaran Busana Batik Jakarta Karya Anak Bangsa, Jumat 22Juni 2012 jam14.00-17.00 di HidayatDidik Center jl. warung buncit raya No. 30, Jati Padang, Ragunan, Ps. Minggu.

Festival Rancang Busana Batik Jakarta

Festival Rancang Busana Batik Jakarta


Total Kunjungan:

  • 641,440 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: