Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Allah SWT

  • Td sore sharing2 ke anak2 SMA ttg “Cinta Dalam Koridor Islam”. Selanjutnya akan sy singkat #CDKI. Sy kultwit kan yah sedikit. Sila simak
  • Bahasan sy mulai dgn definisi dr cinta. Sy tanya tuh satu2 ttg arti cinta. Btw, dr total 5 orang, satu di antaranya pacaran. #CDKI
  • Ada yg mengatakan, “cinta sulit diungkapkan dgn kata2”, “cinta adl ungkapan hati yg terdalam”, “cinta adl ungkapan sayang”, dll. #CDKI
  • Saya tdk mengatakan bhw jwbn mereka benar atw salah. #CDKI
  • Saya hnya mengutipkan kata2 seorang sastrawan Eric Fromm dlm bukunya The Art of Loving bhw cinta terlalu rumit untuk didefinisikan. #CDKI
  • Sehingga tokoh sekaliber Eric Fromm pun enggan atau bahkan tak sanggup untuk mendefinisikan arti dari kata CINTA ini. #CDKI
  • Cinta adl satu kata lima huruf yg punya ribuan makna dan rasa di dalamnya. #CDKI
  • Kita mungkin tdk bs mendefinisikan arti kata cinta, tp kita bs mengetahui cara kerjanya. #CDKI
  • ibarat angin yg bertiup di muka bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat manusia merasakan semilir surgawi. #CDKI
  • atau, ibarat mentari yg menyinari bumi, seperti itulah cinta. bahwa kerjanya terlihat saat bumi ini terang benderang. #CDKI
  • cinta ini adl kekuatan maha dahsyat yg mampu memindahkan gunung dari satu pulau ke pulau lain. #CDKI
  • atau mengubah lahar panas jadi es yang membeku. seperti itulah dahsyatnya kekuatan cinta. #CDKI
  • tapi pertanyaannya, cinta yg seperti apa yg dibenarkan dalam agama (Islam)? #CDKI
  • untuk menjawabnya, mari kita mulai dari hirarki (tingkatan) cinta. jadi bukan cuma sekolah aja yg punya hirarki. cinta jg punya. #CDKI
  • suatu ketika Umar bin Khattab menemui Rasulullah Muhammad SAW. lantas berkata: #CDKI
  • “Ya Rasulullah, aku cinta padamu melebihi cintaku pd semua orang selain diriku”. Rasulullah lantas menjawab: #CDKI
  • “Tidak, engkau harus mencintaiku melebihi cintamu pd dirimu sendiri”. #CDKI
  • karena kita ini adl makhluk ciptaan Allah SWT dan nabi Muhammad pun bagian dari ciptaan-Nya, maka hirarkinya adl sbg berikut: #CDKI
  • bahwa cinta pd Allah SWT harus menempati urutan teratas dr sekian banyak anak2 tangga cinta. #CDKI
  • menyusul kemudian adl cinta kita pd Nabi Muhammad SAW selaku org yg paling berjasa mengenalkan Islam bagi penduduk bumi. #CDKI
  • baru deh yg lainnya ngikutin. bisa cinta pada: ortu, suami/istri, anak2, murid2 (@skharisma2 @Aretasabil @NadiaIndrS30), dll. #CDKI
  • dengan hirarki cinta seperti ini, maka perasaan kita akan tertata sedemikian sehingga menimbulkan keharmonisan dlm relung jiwa kita. #CDKI
  • cinta pd ortu, istri, anak, saudara, dll akan menjadi lurus saat qt membingkainya dlm satu wadah besar bernama cinta pd Allah SWT. #CDKI
  • kayaknya kurang asik ya kl gak nyantumin ayat dr Al-Qur’an. fokelah kl gitu saya kasih..hehe #CDKI
  • sila tengok surah Ali Imran ayat 14. ini ayat tentang koridor cinta dlm Islam. #CDKI
  • “dijadikan indah pd (pandangan) manusia kecintaan pada apa2 diingini, yaitu: wanita2, anak2, harta yg banyak dr jenis emas & wanita, #CDKI
  • kuda pilihan, binatang2 ternak & sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia. Dan di sisi Allah-lah tmpat kembali yg baik (surga)” #CDKI
  • ayat yg lain, sila simak surah At Taubah ayat 24. #CDKI
  • “katakanlah jk bapak2mu, anak2mu, saudara2mu, istri2mu, keluargamu, harta kekayaanmu, perdagangan, dan rmh2mu, …#CDKI
  • … lebih kamu cintai dr pada Allah dan Rasul-Nya serta jihad fisabilillah, mk tunggulah sampai Allah memberikan keputusan-Nya”. #CDKI
  • jelas yah dr kedua ayat di atas bhw cinta pd Allah SWT harus di atas segalanya. ini syarat agar cinta kita tdk sia2. #CDKI
  • segitu dulu yah tuips. ini blm sy jabarin lho ttg #pacaran dlm Islam. InsyaAllah di lain kesempatan. sekian. #CDKI

dunia ini ada yang nyiptain. pun demikian dengan alam semesta, manusia dan segala isinya. tidak mungkin ada dengan sendirinya. dan jelas, yang nyiptain pasti punya kekuatan tak terbatas yang takkan mungkin bisa dibandingkan dengan makhluk-makhluk citaan-Nya. karena kita diciptakan oleh Sang Pencipta, maka Sang Pencipta ini berhak untuk menentukan aturan-aturan hidup berupa perintah-perintah dan larangan-larangan. dan seperti itulah logikanya bahwa yang diciptakan ini wajib mengikuti semua aturan-aturannya dengan patuh tanpa kecuali. wong kita udah diciptain. aturan-aturan itu sudah sempurna dan terangkum dalam Al-Qur’an dan Sunnah Nabi. barang siapa yang berpegang teguh denganya, Allah yang akan ngejamin bahwa kita akan selamat dunia akhirat. insya Allah.

jadi permulaannya adalah bahwa kita dan alam semesta ini diciptakan (ada yang menciptakan). lantas untuk apa manusia hidup di dunia ini? jawabannya adalah untuk ibadah pada-Nya (Az-Zahriyat 56). maka menjadi keharusan bagi kita untuk menjadikan segala aktivitas kita di dunia ini semata-mata ikhlas karena mengharap ridha Allah SWT beserta surga-Nya. tidak untuk mengharap yang lain-lain. supaya dihitung ibadah. tugas kita yang lain adalah menegakkan risalah agung-Nya yaitu agama Islam yang lurus dan hanif di muka bumi ini. maka menjadi kewajiban bagi kita untuk menegakkan agama pencipta kita. yang harus kita yakini sebagai orang beriman adalah bahwa hanya dengan risalah Islam lah dunia ini akan adil, damai, dan sejahtera. jadi, ibartanya, kita ini adalah wakil-wakil Allah atau tentara-tentara Allah atau prajurit-prajurit Allah di muka bumi yang siap melaksanakan apapun yang Ia perintahkan dan apapun yang Ia larang. termasuk juga menegakkan kalimatnya di muka bumi ini.

lantas timbul pertanyaan di hati orang-orang yang ragu: bukankah kita tidak boleh memaksakan kehendak kita, termasuk dalam beragama? maka katakan pada orang yang ragu itu: “kalian mau selamat dunia akhirat? islam lah jalannya. bukan yang lain-lain karena agama yang diridhai Allah hanyalah agama Islam (Ali Imran 19)”.

siapkah Anda wahai orang-orang beriman untuk memikul tanggung jawab mulia ini? sungguh, betapa mulianya Islam dan orang-orang beriman itu. dan sungguh, semulia-mulianya kehidupan adalah kehidupan yang dipimpin oleh orang-orang beriman.

lewat ini semua, kelak, di hari akhirat, kita bisa mempertanggungjawabkan segala apa yang telah kita kerjakan di dunia ini. dan kita selalu berharap bawah Allah akan memasukkan kita di surga tertinggi yang kekal nan abadi itu. inilah ujung dari kehidupan, dan inilah tempat yang menjadi terminal akhir bagi seluruh makhluk-makhluk-Nya.


Total Kunjungan:

  • 641,440 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: