Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Guru ke Rumah

  1. KEMENDIKBUD memantapkan hati untuk menghapus ujian tulis pd Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.
  2. Tahun depan, SNMPTN akan digelar hanya melalui jalur undangan.
  3. Ketua SNMPTN 2013 Akhmaloka memaparkan, pola jalur undangan yg diterapkan pd SNMPTN 2012 kini menjadi pola tunggal dlm SNMPTN 2013.
  4. Akhmaloka: “Seleksia akan dilakukan berdasarkan nilai rapor dan prestasi lainnya, serta mempertimbangkan nilai ujian nasional (UN)”
  5. “Kemendikbud blm berpikir untuk mengubah pola UN” kata Akhmaloka dlm acara Launcing SNMPTN 2013 d Gedung Kemendikbud, Senin (10/12/2012).
  6. Dlm acara yg diikuti pimpinan PTN seluruh Indonesia ini, Rektor ITB itu merinci, ada 61 PTN di Indonesia yg turut serta dlm SNMPTN 2013.
  7. Selain itu, kemungkinan besar UIN Wali Songo, Semarang dan Universitas Terbuka juga akan bergabung dalam SNMPTN 2013.
  8. “Diperkirakan 1,5 juta siswa SMA/sederajat akan mengikuti SNMPTN 2013,” imbuhnya.
  9. Mendikbud: “Pola seperti ini sebenarnya memberikan kemudahan bagi lulusan SMA untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi”
  10. Mendikbud: “Implementasi kebijakan integrasi UN dgn SNMPTN secara tdk langsung memberi pengakuan dr PTN kepada SMA”
  11. Mendikbud: “Jangan sampai tidak ada pengakuan akademik ini, kesannya ada semacam diskonektivitas antara SMA dgn PTN”
  12. Berdasarkan jadwal yang disusun panitia SNMPTN 2013 dgn Kemendikbud, seleksi akan dilakukan pd 9 Maret hingga 27 Mei 2013.
  13. Hasil seleksi akan diumumkan pada 28 Mei 2013
  14. Meski SNMPTN 2013 tertulis dihapuskan, pemerintah tetap mengizinkan PTN untuk membuka jalur mandiri.
  15. Akhmaloka: “Mulai tahun ini jalur undangan sudah diperketat seleksinya melalui jalur rapor dan akreditasi sekolah”
  16. Peserta dari sekolah terakreditasi A kuotanya mencapai 50 persen, akreditasi B 30 persen, dan C 15 persen.
  17. Untuk sekolah yang tidak terakreditasi hanya lima persen.
  18. Kemendikbud menambah jmlh kuota melalui jalur undangan ini agar sekolah yg tdk terakreditasi bs lbh bnyk lg yg mendaftar SNMPTN.
  19. Beberapa PTN yg buka jalur mandiri: UNM (1.437 kursi), Unimed (2.000 kursi), Unpad (2.504 kursi), UPI (2.337 kursi), USU (1.772 kursi).
  20. Terakhir, apa pendapat man teman ttg “Penghapusan Ujian Tertulis Untuk SNMPTN 2013 ini?”. senang / sedih / takut atau …?

Kemendikbud Resmi Menghapus Ujian Tertulis SNMPTN 2013 (Les Privat Aplus)

les privat accelera plusLes Privat Accelera Plus — Mimin mau sharing-sharing seputar Promosi Les Privat Accelera Plus Lewat Sosial Media. Dahulu, sebelum internet dan sosial media sebooming seperti saat ini, strategi marketing yang biasa digunakan seseorang ataupun perusahaan monoton hanya marketing via offline. Mimin biasa menyebutnya “serangan marketing darat”. Tapi begitu internet dan sosial media terus berkembang secara pesat, orang-orang ataupun perusahaan mulai beralih ke marketing via online. Mimin biasa menyebutnya “serangan marketing udara”.

Tidak bisa dipungkiri akan efektivitas marketing via serangan udara ini terutama untuk kota-kota maju seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Bogor, Bekasi, Tanggerang, dll. Serangan via udara ini bisa menjangkau hingga ke pelosok-pelosok tanah air tanpa dibatasi oleh faktor waktu dan geografis. Kapanpun kita ingin berpromosi, kita bebas mempromosikannya.

Les Privat Accelera Plus sendiri kini mulai beralih ke marketing via serangan udara. Empat tools yang sudah kami gunakan saat ini adalah:

  1. Akun twitter Les Privat Accelera Plus yang beralamat @LesPrivatAplus. Alhamdulillah sudah memiliki lebih dari 8k follower. Kami akan terus menggenjot hingga batas maksimal. Karena tak ada batasan jumlah follower dalam twitter, maka kami akan terus menambah follower kami hingga batas yang tak ditentukan.
  2. Website Les Privat Accelera Plus yang beralamat di http://les-private.com/. Website ini masih terus digenjot agar bisa bersaing dengan website-website lain yang juga menjual jasa Les Privat. Mohon doanya agar bisa di page one di mata mbah gugel untuk kata kunci “Les Privat”.
  3. Akun facebook: Les Privat Accelera Plus (https://www.facebook.com/YukLesPrivat) dan fan page https://www.facebook.com/LesPrivateAcceleraPlus. Yuk temanan dengan kami di facebook tersebut dan like fan page kami. Thaks yah yang sudah berkenan J
  4. Akun di kompasiana ini: http://www.kompasiana.com/les.privat. Doakan agar kami bisa konsisten untuk update tulisan-tulisan di kompasiana. Sekian.

info kontak les privat aplus

sumber: http://les-private.com/

jujur ala Les Privat Accelera Plus

Les Privat Accelera Plus

Benjamin Franklin mengatakan, “Kejujuran adalah kebijakan paling baik.”

Minggu ini sebagian siswa/siswi SMA telah menyelesaikan UAS nya. Meski ada yang masih UAS, namun rata-rata sekolah telah menyelesaikannya. Berarti minggu ini adalah minggu-minggu remedial. Kalian pasti dag dig dug menanti nilai-nilai yang keluar untuk setiap mata pelajaran? Kakak kakak Les Privat Accelera Plus mendoakan agar kalian mendapatkan nilai yang memuaskan sehingga bisa menikmati waktu liburan dengan tenang tanpa ocehan mamah papah di rumah. Amin..hehe J

Minggu ini adalah jatahnya siswa/siswi SMP melaksanakan UAS. Tak lupa kakak kakak Les Privat Accelera Plus juga ingin mengucapkan “Selamat Menempuh UAS. Lakukan yang terbaik. Junjung tinggi asas kejujuran. Lebih baik mendapatkan nilai kecil tetapi jujur ketimbang mendapatkan nilai yang bagus tapi hasil mencontek. Tentu akan lebih bagus lagi jika kalian mendapatkan nilai yang bagus dengan kejujuran (tanpa mencontek).”

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Jujurlah kalian selalu, karena sesungguhnya kejujuran itu mengantarkanmu pada kebaikan; dan kebaikan itu sesungguhnya mengantarkanmu menuju surga. Sedang dusta hanya akan mengantarkanmu pada keburukan dan dosa; dan sesungguhnya dosa itu mengantarkanmu menuju neraka.” (HR. Bukhori & Muslim)

Terakhir, berhubung sudah memasuki akhir-akhir Desember, yang berarti waktu liburan kian dekat, kami segenap kru Les Privat Accelera Plus ingin mengucapkan “Selamat Liburan Sekolah dan Liburan Tahun Baru. Semoga liburannya menyenangkan dan bias memasuki tahun ajaran baru dengan fresh.”

sumber: http://les-private.com/selamat-menempuh-uas-dan-selamat-liburan/

Les Privat Accelera Plus – Masih ingat cerita tentang Lintang dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? Jika itu terjadi di Belitong sana, kisah berikut ini nyata terjadi di Pulau Angso Duo Pariaman, Sumatera Barat. Ialah Dodi, sang penggondol gelar Juara Olimpiade Matematika Tingkat SMP Se-Sumbar. Tahun 2008 ia berhasil sabet gelar juara tiga se-Sumber itu dan baru di tahun 2009 ia keluar sebagai juara satu. Tapi sayang beribu sayang, otak encernya itu harus berlabuh di tengah laut bersama dengan perahu nelayannya. Dodi kini menjadi nelayan.

Dodi, Juara Olimpiade Sumbar Yang Jadi Nelayan

Ia yang kini berusia 18 tahun terpaksa berhenti dari studinya karena alasan dana dan lingkungan yang kurang mendukungnya untuk melanjutkan studi hingga ke Perguruan Tinggi. Walhasil, ia harus merelakan nasibnya terkurung dalam alam indah Pulau Angso Duo Pariaman menjadi seorang nelayan. “Orang pasie Piaman tahunya duit 100rb pak, tidak bakal maju. Biar adik-adik saya yang sekolah, saya melaut saja untuk membiayai mereka sekolah”, begitu ujarnya saat ditanya Indra J Piliang tentang kenapa ia berhenti sekolah.

Entah berapa banyak anak-anak cerdas Indonesia lainnya yang bernasib sama seperti Dodi. Adakah perhatian dari pemerintah untuk anak-anak potensial penerus bangsa yang bernasib seperti Dodi ini?

Sumber: http://les-private.com/juara-olimpiade-sumbar-untuk-tingkat-nasional-yang-kini-jadi-nelayan/

Kebanyakan murid biasanya gak cukup cuma ngandelin belajar di sekolah dan di rumah seorang diri. Maka alternatifnya adalah ikut belajar di luar waktu sekolah. Maka bimbel dan privat menjadi pilihan. Bimbel mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus, akan tetapi banyak sekali kekurangan-kekurangan bimbel dibandingkan dengan belajar privat di rumah. Berikut akan dijabarkan lebih lanjut kelebihan-kelebihan belajar privat di rumah dibanding belajar di tempat bimbel ataupun sekolah:

  1. Waktu bisa fleksibel dan biasanya disesuaikan dengan jadwal murid dan guru. Beda dengan bimbel yang memang waktunya sudah ditetapkan. Maka mau tidak mau murid harus ikut dengan waktu yang sudah ditetapkan tersebut.
  2. Gak usah capek-capek pergi ke tempat bimbel karena guru akan datang sendiri ke rumah murid. Ini tentu sangat membantu siswa dalam belajar terutama karena tenaga siswa sudah terkuras habis belajar di sekolah. Rata-rata sekolah belajar dari pkl 07.00 – 15.00. Jika sorenya harus pergi ke tempat bimbel yang belum tentu dekat jaraknya, tentu akan sangat menguras tenaga. Maka belajar privat di rumah bisa menjadi solusi bagus untuk dipilih.
  3. Bisa belajar lebih fokus. Di sekolah perhatian guru harus tercurah untuk sekitar 30-40 murid, pun demikian dengan bimbel, pikiran guru harus tercurah untuk sekitar 10-15 murid. Beda dengan privat, namanya privat berarti seorang diri. Guru bisa fokus untuk menggembleng murid yang seorang diri tersebut. Tentu ini akan jauh lebih efektif dalam memberikan pemahaman pada seorang murid privat.
  4. Murid bisa lebih leluasa untuk bertanya dan mengeksplor kemampuan. Beda dengan belajar di sekolah ataupun tempat bimbel yang memang jumlahnya lebih dari satu orang. Biasanya ada murid yang enggan untuk bertanya meski ia sebenarnya tidak paham dengan apa yang ia pelajari di sekolah ataupun tempat bimbel. Entah mungkin karena malu, gengsi, takut, dan sebab-sebab yang lain. Nah saat belajar privat di rumah dijamin rasa minder dan malu itu akan hilang 100% karena tak ada murid lain selain dirinya.
  5. Guru yang didatangkan biasanya dari PTN-PTN ternama yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan mengajar yang baik serta memahami kondisi murid. Untuk Les Privat Accelera Plus sendiri biasanya guru didatangkan dari UI, ITB, UGM, UNJ, UNPAD, UNAIR, UNDIP, dll.
  6. Jika murid tidak cocok dengan seorang guru, maka bisa dengan mudah untuk melakukan pergantian guru hingga didapat guru yang dirasa cocok dengan murid. Ini pelayanan yang Les Privat Accelera Plus lakukan pada klien.
  7. Murid bisa konsultasi dengan sangat leluasa dengan guru privat. Mungkin saja ada murid yang merasa malu untuk mengkonsultasikan masalah-masalahnya lewat jalur sekolah atau bimbel, nah privat ini bisa menjadi solusinya. Kadekatan murid dengan guru privat tak bisa dielakan lagi karena murid dan guru benar-benar melakukan proses pembelajaran yang cukup intens. Alhasil murid tak malu-malu untuk mengkonsultasikan masalah-masalah yang dihadapinya.
  8. Progres (perkembangan) murid benar-benar terpantau. Orang tua murid juga bisa menanyakan secara langsung tentang progres ini mengingat sang guru privat bisa sangat mudah ditemui.
  9. Dan tentu masih banyak keunggulan-keunggulan lainnya antara les privat dengan belajar di tempat bimbel ataupun sekolah. So, sudahkah Anda berpikir untuk beralih belajar privat di rumah?

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/inilah-alasan-alasan-kenapa-les-privat-itu-bisa-menjadi-solusi-yang-baik-untuk-mengatasi-problem-belajar-murid/

mau kultwit tentang “Presiden Termiskin di Duniah” nih. mohon bantu RT yah :)

  1. bagaimana seandainya Anda mendengar ada seorang presiden / seorang pejabat publik yg memiliki gaji hanya 800rb/bln?
  2. tentu Anda akan kaget, sama seperti mimin. tapi benar adakah presiden yang hanya bergaji sebesar itu?
  3. jawabannya ada. siapakah dia? yah, dia adl presiden Uruguay. negeri pertama yg menjadi juara dunia sepak bola. namanya adl: Jose Mujica.
  4. sebenarnya ia bergaji >12.000 dolar AS (hampir Rp 120 juta). hanya saja, ia sumbangkan semuanya dan hny menyisakan 800rb untuk dompetnya
  5. ia sumbangkan gajinya yg 120jt itu untuk berbagai kegiatan amal (rakyat miskin).
  6. beda yah dengan kebiasaan Jose Mujica ini dengan para pejabat di Indonesia?
  7. kayaknya para pejabat di Indonesia perlu belajar dari Jose Mujica untuk bisa hidup zuhud (sederhana).
  8. kasihan rakyat Indonesia yg masih hidup di bwh garis kemiskinan kl tiap hr yg dilihat adl kemewahan2 para pemimpinnya.
  9. pemimpin2 (pejabat2) di Indonesia perlu belajar bagaimana hidup zuhud (sederhana) agar tdk terus menerus melukai hati rakyat.
  10. mereka itu kan yg ngegaji rakyat. jd tugas mereka adl untuk melayani rakyat, bukan melayani diri mereka sendiri dgn segala kemewahan.
  11. lihatlah pendapat Jose Mujica tentang kaya dan miskin: “Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin.”
  12. “Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih”
  13. “Ini adl masalah kebebasan. Jk Anda tak memiliki banyak barang, Anda tak perlu kerja keras tk mempertahankanny & bekerja layakny budak”
  14. “Dengan cara seperti ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri”
  15. menurut Jose Mujica, kaya dan miskin adalah pilihan hidup. dan dia lbh memilih untuk hidup sederhana agar tak melukai hati rakyatnya.
  16. alhasil, total kekayaannya hny sebesar 10jt di thn 2010. uang segitu hnya bs digunakan untuk beli sebuah mobil VW Beetle keluaran 1987.
  17. duh seandainya pemimpin2 Indonesia bs bergaya hidup zuhud (sederhana) layaknya Jose Mujica, tentu hati rakyat tak banyak yg tersakiti.
  18. mari kita doakan agar pemimpin2 di Indonesia bs meniru gaya hidup zuhud (sederhana) ala Jose Mujica ini. sekian

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/hidup-zuhud-sederhana-ala-presiden-termiskin-di-dunia-jose-mujica/

wow “AkuPengenJagoDiMapel” jadi trending topik..ckckckck

AkuPengenJagoDiMapel semuanya!! boleh dong??

banyak kok buktinya orang2 yg jago di hampir semua mapel.#AkuPengenJagoDiMapel

liat deh juara2 kelas di kelas kalian. rata2 bagus di hampir semua mata pelajaran. #AkuPengenJagoDiMapel

kalo ada orang yang bisa, gak mustahil dong kita sendiri juga bisa?#AkuPengenJagoDiMapel

menurut hemat admin, syarat pertama agar kita jago di semua mapel adl percaya. #AkuPengenJagoDiMapel

artinya kita percaya bahwa kita pasti bisa jago di semua mata pelajaran. kita percaya bhw hal tsb tdk mustahil.#AkuPengenJagoDiMapel

setelah punya keyakinan yg kuat, selanjutnya adalah cinta.#AkuPengenJagoDiMapel

yapss, kita harus cinta sama semua mapel tanpa kecuali.#AkuPengenJagoDiMapel

jangan beda-bedain antara satu mapel dengan mapel lain.#AkuPengenJagoDiMapel

tak ada mapel unggulan. yg ada adl bhw semua mapel penting.#AkuPengenJagoDiMapel

“haram” hukumnya hanya perhatian dgn satu mapel aja. semuanya harus diperhatiin, biar gak saling cemburu. hehe..#AkuPengenJagoDiMapel

tak boleh ada istilah mengorbankan satu pelajaran demi pelajaran tersayang. #AkuPengenJagoDiMapel

aku cinta matematika, tapi aku benci bahasa inggris..berkata kayak gini “haram” hukumnya. #AkuPengenJagoDiMapel

aku cinta bahasa inggris, tapi aku benci dengan matematika. ngomong kayak gini juga ‘haram” hukumnya.#AkuPengenJagoDiMapel

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/pengen-jago-di-semua-mata-pelajaran/

share kata-kata encang Hasan Al-Banna tentang peran “agama” dalam kehidupan manusia. yang kita bicarakan di sini adalah islam. kenapa? karena “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. 3:19). encang Hasan berkata:

“Apakah Anda melihat sesuatu yang dapat menguasai jiwa manusia lebih kuat daripada agama? Apakah Anda membaca dalam sejarah umat manusia suatu faktor yang paling dahsyat pengaruhnya pada kehidupan masyarakat daripada agama? Dan apakah Anda menyaksikan suatu dampak dari kehidupan para filosof dan cendekiawan sehebat apa yang dimiliki para nabi dan rasul?”

encang Hasan benar. agama lah yang bisa membuat manusia sampai pada puncak kejayaannya. agama lah yang membuat manusia mampu mengerjakan hal-hal besar dalam hidup ini. dan agama lah yang bisa membuat manusia bahagia di dunia dan akhirat (dapet surga).

pesan: mari terus semangat untuk memperbaharui komitmen kita dengan agama (islam). amal itu terlaksana jika ada tancapan bara keinginan yang amat kuat di dalam qalbu. keinginan yang kuat itu adalah buah dari pikiran yang benar tentang agama. dan makanan pikiran adalah ilmu. mari terus menambah ilmu dan pemahaman kita tentang agama ini biar ada output (hasil berupa amal) dan outcome (dampak bagi diri kita sendiri) dalam kehidupan sehari-hari.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂

“Inilah saatnya Indonesia berprestasi di pentas dunia”. Itulah ungkapan yang pas untuk kita umbar. Bukan tanpa sebab, hal ini punya alasan yang cukup kuat untuk mendukung tesis tersebut. Ada beberapa hal yang menurut saya tak berlebihan jika kita menganggap sekaranglah saatnya kebangkitan itu datang. Timnas telah berhasil melenggang dengan mulus ke partai final Piala AFF. Semua lawan ditekuk hingga babak belur. Tercatat tak kurang empat negara jadi tumbal Garuda: Malaysia (yang akan kita hadapi di final), Laos, Thailand, Filipina. Dan kini, hanya tinggal selangkah lagi bagi Merah Putih untuk menorehkan sejarah menjadi yang terbaik di Asia Tenggara.

Kita juga melihat betapa besarnya animo masyarakat akan geliat timnas yang kian menjadi-jadi. Harapan yang beberapa tahun belakangan redup pun kini mulai bersemi. Jiwa nasionalisme makin membumbung. Masyarakat kini kembali mencintai para bintang lapangan timnas. Mereka terus mengelu-elukan pujaan hatinya. Dan, bukankah ini adalah momentum yang pas untuk kembali menggeliatkan si kulit bundar di negeri ini?

Kita pun cukup beruntung karena pemerintah saat ini sangat mendukung perjuangan anak-anak Garuda. Presiden kita punya perhatian besar akan sepak bola negeri ini. Ia bersama menteri olahraga terus memberikan dukungannya pada pasukan Merah Putih. Bukankah negara ini cukup beruntung?

Tak lupa dengan peran media yang begitu besar dalam memberitakan keberhasilan timnas. Ada lebih banyak dampak positifnya ketimbang dampak negatif dari besarnya pemberitaan media massa. Karena dengan besarnya pemberitaan, animo dan minat penduduk Indonesia akan sepak bola kian membesar. Bisa jadi, akan banyak orang tua yang berbondong-bondong menyekolahkan anaknya di sekolah sepak bola. Suatu hal yang tak begitu direstui oleh orang tua dahulu kala.

Sekarang juga kita memiliki pelatih bertangan dingin yang datang membawa perubahan besar di kubu timnas. Lantas, apalagi yang kita tunggu untuk berprestasi?

Timnas

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivat_Aplus 🙂

Sebenernya tulisan ini ditujukan untuk murid gw yang kepengin masuk kedokteran UI. Tapi mudah-mudahan bisa memberikan sedikit manfaat terutama untuk anak-anak SMA kelas tiga yang sebentar lagi mau lulus dan kepengin masuk UI. Ini didasarkan pada pengalaman pribadi gw aja yang kebetulan pernah ngerasain masa-masa “sulit” di SMA (terutama pas kelas 3) dan kebetulan lagi gw udah kuliah di UI sekarang.

Btw, sekedar info aja, sekarang ini gw kuliah di matematika UI. Kalo dari passing grade, math UI lumayan tinggi lah. Tertinggi ke dua setelah farmasi kalo di MIPA dan bs ngunggulin banyak jurusan-jurusan lain di teknik dan sosial. Tapi kasus untuk murid gw ini, dia mau masuk kedokteran UI. Yang gw tau, masuk kedokteran UI itu gak gampang coz passing grade-nya sangat tinggi. Mungkin yang tertinggi di UI untuk kategori jurusan-jurusan berhaluan MIPA. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa untuk dimasuki. Banyak kok temen-temen gw yang bisa masuk ke sana. Baik dari SMA asal gw dulu or kenalan-kenalan gw dari tempat les, temen-temen di kampung halaman, temen-temen olimpiade, dll. Itu menandakan bahwa bukan suatu hal yang mustahil untuk bisa masuk kedokteran UI.

Tapi yang jelas, butuh usaha ekstra untuk bisa masuk ke UI. Apalagi kedokteran. Ya toh? Hal ini penting untuk disadari. Kenapa? Karena ketika kita menyadari bahwa masuk UI itu susah didasarkan pada tingkat persaingan yang tinggi (se-Indonesia) dan passing grade-nya yang juga tinggi, maka satu tembok dalam pikiran kita mulai terbuka dan tersadarkan. Diharapkan, kenyataan ini akan membawa kita pada taraf kesadaran untuk mulai giat belajar.

Gw inget dulu saat gw kelas tiga SMA. Kalo kata orang dan kata gw juga, kelas satu SMA itu masih tahap-tahap pengenalan. Jadi wajar kalo nilai kita jelek. Kelas dua, masa-masa “bermain”. Wajar pula kalo nilai kita pas-pas-an. Nah di kelas tiga, masa-masa pengenalan dan bermain itu sudah tidak ada lagi. Masa kelas tiga harus dan wajib kita habiskan untuk fokus pada satu hal: BELAJAR. Targetnya juga jelas: LULUS UN dan MASUK PTN YANG KITA INGINKAN. Itu gw dulu. Itu salah satu hal terbesar yang ngebuat gw semangat belajar pas kelas tiga. Biasanya, kalo dah mulai ada godaan-godaan kecil yang melintas, gw akan selalu inget hal itu: LULUS UN and MASUK PTN FAVORIT. Bahkan gw menerapkan konsep 5 cm yang gw dapet dari sebuah novel. Lumayan bagus lah “wejangannya”. Disana dibilang kalo kita sudah punya tujuan dan mimpi yang jelas, maka letakkanlah mimpi kita itu sejauh 5 cm di depan mata kita. Kapanpun ada godaan datang, maka bayangkanlah mimpi-mimpi kita itu. Bayangkan ia berjarak 5 cm di depan mata kita. Semakin sering kita membayangkannya, maka akan semakin melekat mimpi-mimpi kita itu dalam benak kita yang imbasnya nanti adalah pada perbuatan kita. Kita akan mulai tersadarkan dan mulai mengerjakan segala hal yang berhubungan dengan mimpi 5 cm itu. Bahkan, bisa-bisa anda akan menjadi orang yang freak. Freak dalam artian belajar demi mencapai tujuan 5 cm tersebut. Ini sudah saya praktekan sendiri. Silakan dicoba kalo gak percaya.

Membayangkan mimpi 5 cm ini adalah salah satu cara yang positif untuk pikiran kita. Ada juga cara yang negatif yang cukup bagus menurut gw untuk menambah motifasi dalam diri kita. Yaitu bayangkan sesuatu yang negatif. Caranya begini: semisal anda sedang malas untuk belajar atau ada godaan-godaan lain yang mengganggu anda, coba bayangkan sesuatu yang negatif yang akan terjadi pada diri anda saat anda tidak lulus UN dan gagal masuk PTN Favorit. Sedang, pada saat yang bersamaan, teman-teman anda, teman-teman sekolah anda, bersuka cita merayakan kemenangan mereka akan dua hal tersebut. Dan nyatanya, mereka-mereka itu, orang-orang yang berhasil di penghujung cerita itu, adalah orang-orang yang telah mengerahkan segala daya upaya dan kemampuan mereka untuk belajar hingga titik darah penghabisan. Sedang anda, sebagai orang gagal yang tertakdir, adalah orang-orang yang meski sudah kelas tiga, masih suka tergoda untuk tidak belajar disebabkan hal-hal kecil semisal: sakit hati diputusin pacar, gak bisa ngeluangin waktu untuk belajar saat ada acara TV favorit, kebanyakan hang out bareng temen, dll.

Jika perlu, bayangkan juga betapa kecewanya orang tua kita jika kita gagal lulus UN dan gagal masuk PTN yang kita inginkan. Bayangkan air matanya meleleh akibat usaha kita yang gak maksimal untuk belajar. Belum lagi kita telah mengecewakan guru-guru dan teman-teman yang telah susah payah bantuin kita belajar. Belum lagi kerugian (tenaga dan materi) yang kita derita karena udah cape-cape belajar tiga tahun di SMA, tapi kita gagal di akhir. Padahala tinggal satu langkah lagi.

Yuk teman, mumpung masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan. yuk belajar yang giat. Yuk hapus semua kesedihan, kegundahan dan kegalauan dalam hati kita. Yuk kita ganti dengan sikap positif untuk belajar. Allah pasti ngebantu orang-orang yang bersungguh-sunggu mengejar mimpi mulianya.

Ingatlah hal ini:

UI itu bukan tempat orang-orang yang malas belajar
Apalagi sudah kelas tiga
UI itu bukan tempat orang-orang bermental lemah
Apalagi gak mau belajar cuma gara-gara diganggu hal-hal kecil
UI itu tempat untuk orang-orang yang memang serius mau masuk ke sana
Dia mengerahkan semua kemampuannya demi satu tujuan: MASUK UI
Apapun yang terjadi kelak, dia gak gak peduli
Yang dia tau, dia harus dan wajib masuk UI
Yang dia tau, dia pasti bisa untuk masuk UI
Ada sekitar tiga ribuan orang yang masuk ke UI tiap tahun
Maka dirinyalah satu dari tiga ribu orang itu
Jaket kuning ini, Jaket UI, hanya untuk mereka yang mau membayar harganya
Harganya adalah tekad dan semangat juang untuk menaklukkan rasa malas saat datang
Dan keindahan UI ini, hanya untuk mereka yang mempunyai mimpi besar dalam hidupnya
Sudah banyak kok orang yang masuk ke UI dan berkuliah di sana
Dan sekarang, mereka telah berhasil dan menjadi orang sukses
Jadi, anda juga pasti bisa masuk ke UI dan menggapai sukses
Yok semangat

sumber gambar: sini


Total Kunjungan:

  • 654,726 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: