Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Guru Privat

Les Privat Accelera Plus – Masih ingat cerita tentang Lintang dalam novel Sang Pemimpi karya Andrea Hirata? Jika itu terjadi di Belitong sana, kisah berikut ini nyata terjadi di Pulau Angso Duo Pariaman, Sumatera Barat. Ialah Dodi, sang penggondol gelar Juara Olimpiade Matematika Tingkat SMP Se-Sumbar. Tahun 2008 ia berhasil sabet gelar juara tiga se-Sumber itu dan baru di tahun 2009 ia keluar sebagai juara satu. Tapi sayang beribu sayang, otak encernya itu harus berlabuh di tengah laut bersama dengan perahu nelayannya. Dodi kini menjadi nelayan.

Dodi, Juara Olimpiade Sumbar Yang Jadi Nelayan

Ia yang kini berusia 18 tahun terpaksa berhenti dari studinya karena alasan dana dan lingkungan yang kurang mendukungnya untuk melanjutkan studi hingga ke Perguruan Tinggi. Walhasil, ia harus merelakan nasibnya terkurung dalam alam indah Pulau Angso Duo Pariaman menjadi seorang nelayan. “Orang pasie Piaman tahunya duit 100rb pak, tidak bakal maju. Biar adik-adik saya yang sekolah, saya melaut saja untuk membiayai mereka sekolah”, begitu ujarnya saat ditanya Indra J Piliang tentang kenapa ia berhenti sekolah.

Entah berapa banyak anak-anak cerdas Indonesia lainnya yang bernasib sama seperti Dodi. Adakah perhatian dari pemerintah untuk anak-anak potensial penerus bangsa yang bernasib seperti Dodi ini?

Sumber: http://les-private.com/juara-olimpiade-sumbar-untuk-tingkat-nasional-yang-kini-jadi-nelayan/

Kebanyakan murid biasanya gak cukup cuma ngandelin belajar di sekolah dan di rumah seorang diri. Maka alternatifnya adalah ikut belajar di luar waktu sekolah. Maka bimbel dan privat menjadi pilihan. Bimbel mungkin bisa menjadi pilihan yang bagus, akan tetapi banyak sekali kekurangan-kekurangan bimbel dibandingkan dengan belajar privat di rumah. Berikut akan dijabarkan lebih lanjut kelebihan-kelebihan belajar privat di rumah dibanding belajar di tempat bimbel ataupun sekolah:

  1. Waktu bisa fleksibel dan biasanya disesuaikan dengan jadwal murid dan guru. Beda dengan bimbel yang memang waktunya sudah ditetapkan. Maka mau tidak mau murid harus ikut dengan waktu yang sudah ditetapkan tersebut.
  2. Gak usah capek-capek pergi ke tempat bimbel karena guru akan datang sendiri ke rumah murid. Ini tentu sangat membantu siswa dalam belajar terutama karena tenaga siswa sudah terkuras habis belajar di sekolah. Rata-rata sekolah belajar dari pkl 07.00 – 15.00. Jika sorenya harus pergi ke tempat bimbel yang belum tentu dekat jaraknya, tentu akan sangat menguras tenaga. Maka belajar privat di rumah bisa menjadi solusi bagus untuk dipilih.
  3. Bisa belajar lebih fokus. Di sekolah perhatian guru harus tercurah untuk sekitar 30-40 murid, pun demikian dengan bimbel, pikiran guru harus tercurah untuk sekitar 10-15 murid. Beda dengan privat, namanya privat berarti seorang diri. Guru bisa fokus untuk menggembleng murid yang seorang diri tersebut. Tentu ini akan jauh lebih efektif dalam memberikan pemahaman pada seorang murid privat.
  4. Murid bisa lebih leluasa untuk bertanya dan mengeksplor kemampuan. Beda dengan belajar di sekolah ataupun tempat bimbel yang memang jumlahnya lebih dari satu orang. Biasanya ada murid yang enggan untuk bertanya meski ia sebenarnya tidak paham dengan apa yang ia pelajari di sekolah ataupun tempat bimbel. Entah mungkin karena malu, gengsi, takut, dan sebab-sebab yang lain. Nah saat belajar privat di rumah dijamin rasa minder dan malu itu akan hilang 100% karena tak ada murid lain selain dirinya.
  5. Guru yang didatangkan biasanya dari PTN-PTN ternama yang sudah berpengalaman dan memiliki kemampuan mengajar yang baik serta memahami kondisi murid. Untuk Les Privat Accelera Plus sendiri biasanya guru didatangkan dari UI, ITB, UGM, UNJ, UNPAD, UNAIR, UNDIP, dll.
  6. Jika murid tidak cocok dengan seorang guru, maka bisa dengan mudah untuk melakukan pergantian guru hingga didapat guru yang dirasa cocok dengan murid. Ini pelayanan yang Les Privat Accelera Plus lakukan pada klien.
  7. Murid bisa konsultasi dengan sangat leluasa dengan guru privat. Mungkin saja ada murid yang merasa malu untuk mengkonsultasikan masalah-masalahnya lewat jalur sekolah atau bimbel, nah privat ini bisa menjadi solusinya. Kadekatan murid dengan guru privat tak bisa dielakan lagi karena murid dan guru benar-benar melakukan proses pembelajaran yang cukup intens. Alhasil murid tak malu-malu untuk mengkonsultasikan masalah-masalah yang dihadapinya.
  8. Progres (perkembangan) murid benar-benar terpantau. Orang tua murid juga bisa menanyakan secara langsung tentang progres ini mengingat sang guru privat bisa sangat mudah ditemui.
  9. Dan tentu masih banyak keunggulan-keunggulan lainnya antara les privat dengan belajar di tempat bimbel ataupun sekolah. So, sudahkah Anda berpikir untuk beralih belajar privat di rumah?

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/inilah-alasan-alasan-kenapa-les-privat-itu-bisa-menjadi-solusi-yang-baik-untuk-mengatasi-problem-belajar-murid/

mau kultwit tentang “Presiden Termiskin di Duniah” nih. mohon bantu RT yah :)

  1. bagaimana seandainya Anda mendengar ada seorang presiden / seorang pejabat publik yg memiliki gaji hanya 800rb/bln?
  2. tentu Anda akan kaget, sama seperti mimin. tapi benar adakah presiden yang hanya bergaji sebesar itu?
  3. jawabannya ada. siapakah dia? yah, dia adl presiden Uruguay. negeri pertama yg menjadi juara dunia sepak bola. namanya adl: Jose Mujica.
  4. sebenarnya ia bergaji >12.000 dolar AS (hampir Rp 120 juta). hanya saja, ia sumbangkan semuanya dan hny menyisakan 800rb untuk dompetnya
  5. ia sumbangkan gajinya yg 120jt itu untuk berbagai kegiatan amal (rakyat miskin).
  6. beda yah dengan kebiasaan Jose Mujica ini dengan para pejabat di Indonesia?
  7. kayaknya para pejabat di Indonesia perlu belajar dari Jose Mujica untuk bisa hidup zuhud (sederhana).
  8. kasihan rakyat Indonesia yg masih hidup di bwh garis kemiskinan kl tiap hr yg dilihat adl kemewahan2 para pemimpinnya.
  9. pemimpin2 (pejabat2) di Indonesia perlu belajar bagaimana hidup zuhud (sederhana) agar tdk terus menerus melukai hati rakyat.
  10. mereka itu kan yg ngegaji rakyat. jd tugas mereka adl untuk melayani rakyat, bukan melayani diri mereka sendiri dgn segala kemewahan.
  11. lihatlah pendapat Jose Mujica tentang kaya dan miskin: “Saya disebut presiden termiskin di dunia, tetapi saya tak merasa miskin.”
  12. “Orang miskin adalah mereka yang bekerja hanya untuk menjaga gaya hidup mewahnya dan selalu menginginkan lebih”
  13. “Ini adl masalah kebebasan. Jk Anda tak memiliki banyak barang, Anda tak perlu kerja keras tk mempertahankanny & bekerja layakny budak”
  14. “Dengan cara seperti ini, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk diri sendiri”
  15. menurut Jose Mujica, kaya dan miskin adalah pilihan hidup. dan dia lbh memilih untuk hidup sederhana agar tak melukai hati rakyatnya.
  16. alhasil, total kekayaannya hny sebesar 10jt di thn 2010. uang segitu hnya bs digunakan untuk beli sebuah mobil VW Beetle keluaran 1987.
  17. duh seandainya pemimpin2 Indonesia bs bergaya hidup zuhud (sederhana) layaknya Jose Mujica, tentu hati rakyat tak banyak yg tersakiti.
  18. mari kita doakan agar pemimpin2 di Indonesia bs meniru gaya hidup zuhud (sederhana) ala Jose Mujica ini. sekian

(Ali @nuralimuchtar)

sumber: http://les-private.com/hidup-zuhud-sederhana-ala-presiden-termiskin-di-dunia-jose-mujica/

share kata-kata encang Hasan Al-Banna tentang peran “agama” dalam kehidupan manusia. yang kita bicarakan di sini adalah islam. kenapa? karena “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. 3:19). encang Hasan berkata:

“Apakah Anda melihat sesuatu yang dapat menguasai jiwa manusia lebih kuat daripada agama? Apakah Anda membaca dalam sejarah umat manusia suatu faktor yang paling dahsyat pengaruhnya pada kehidupan masyarakat daripada agama? Dan apakah Anda menyaksikan suatu dampak dari kehidupan para filosof dan cendekiawan sehebat apa yang dimiliki para nabi dan rasul?”

encang Hasan benar. agama lah yang bisa membuat manusia sampai pada puncak kejayaannya. agama lah yang membuat manusia mampu mengerjakan hal-hal besar dalam hidup ini. dan agama lah yang bisa membuat manusia bahagia di dunia dan akhirat (dapet surga).

pesan: mari terus semangat untuk memperbaharui komitmen kita dengan agama (islam). amal itu terlaksana jika ada tancapan bara keinginan yang amat kuat di dalam qalbu. keinginan yang kuat itu adalah buah dari pikiran yang benar tentang agama. dan makanan pikiran adalah ilmu. mari terus menambah ilmu dan pemahaman kita tentang agama ini biar ada output (hasil berupa amal) dan outcome (dampak bagi diri kita sendiri) dalam kehidupan sehari-hari.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂

berikut ini, saia akan coba untuk memosting tulisan tentang tips mempercepat modem huawei e 1550 yang baru-baru ini saia ketahui.

terus terang, saia agak kurang-kurang puas dengan kecepatan akses modem Huawei E 1550 dengan kartu IM2 unlimeted yang saia gunakan saat ini. kecepatannya fluktuatif. kalo download hanya kisaran belasan Kbps. saia tidak tahu, apakah saianya saja yang tidak mengetahui cara mensettingnya agar bisa jalan lebih cepat. atau karena memang pengaruh dari tempat saia tinggal sehingga menyebabkan sinyal yang saia dapatkan juga tidak bagus.

sambil terus berselancar, sedikit-sedikit saia cari plus tanya-tanya juga ke forum tentang apakah bisa, modem yang saia gunakan ini ditingkatkan kecepatannya. ada saran dari seseorang untuk menggunakan proxy yang bisa di unduh di alamat ini: www.samair.ru. untuk yang satu ini saia masih belum bisa dan masih mencoba terus. maklumlah, masih newbie.

ada lagi dari rekan yang saia ikuti di milis xcode yogyafree yang menyarankan untuk menggunakan software yang alamatnya di sini (klik). tanpa basa basi lagi, langsung aja saia sedot dan saia install. setelah itu saia amati apa yang terjadi dengan kecepatan modem saia. ternyata kawan, keceptannya bertambah dua kali lipat. kalo donlot di siang hari, kecepatannya bisa sampe 30 Kbps. mungkin ini masih dibilang bukan kecepatan aslinya. bisa jadi ada cara-cara lain untuk mempercepatnnya. silakan dicari sendiri.

oh ya, saia tidak tahu apakah penggunaan software ini akan berpengaruh terhadap “kesehatan” modem huawei ini. yang penting bagi saia adalah kecepatannya kan bisa bertambah.

ok de, selamat mengunduh aja. semoga bermanfaat. salam selalu

kawan, setiap kita pasti menginginkan pikiran yang bisa berpikir dengan jernih. pikiran mengawang-ngawang berlarian serta berloncatan ke sana ke mari dengan sangat lincahnya disertai dengan kesejukan serta daya konsentrasi yang kuat, tentulah itu yang kita harapkan. tips-tips ini saya buat sambil iseng-iseng baca artikel yang berkaitan dengan tips-tips agar pikiran jadi jernih. sambil saya tuliskan di blog ini yang tujuannya adalah mengikat diri ini agar bisa lebih kuat menangkap serta mengingat ilmu yang sudah di dapat. juga agar bisa mengendap lebih dalam sehingga bisa inget lebih lama. dan jika suatu saat saya ingin memunculkannya lagi, hal itu akan lebih mudah. itulah alasan mengapa saya menuliskannya juga disamping membacanya.

dia ini tips-tipsnya:

  • banyak berpuasa. alasannya adalah selama berpuasa, pikiran kita melambat. Hebatnya, perlambatan ini justru punya dampak lain, yaitu membuat pikiran lebih jernih karena lambatnya pikiran membuat kita berpikir lebih dalam. Dengan berpikir lebih dalam, kita akan menemukan berbagai hal, yang selama masa tidak berpuasa cenderung terabaikan. Berbagai detil yang selama ini kita lupakan, akan muncul menjadi fokus perhatian. Dan dari berbagai detil itu, bagian terbanyaknya adalah tentang introspeksi diri. makanya, berpuasa ini bisa membuat pikiran kita ini jadi lebih jernih. setuju tak? (lebih lengkap lihat di: http://suddenlybecomesmart.blogspot.com/2009/08/pikiran-menjadi-lebih-tajam-dan-jernih.html)
  • jadi vegetarian aja teman. alasannya adalah karena kita telah ikut mengambil peran dalam pelestarian alam, kasih sayang terhadap binatang, dan menghargai kehidupan. teman-teman semua juga kan tahu bahwa daging tidak lebih baik dari makanan jenis vegetarian. terutama dalam hal kesehatan. lalu mari kita tilik orang-orang jenius yang pernah ada di muka bumi ini. ternyata, kebanyakan mereka itu adalah vegetarian. udah tau belum orang-orangnya? ini dia contohnya: atlit lari AS Carl Lewis, filsuf Socrates, Phytagoras, ilmuwan Charles Darwin, Albert Einstein, seniman Leonardo da Vinci, tokoh kemanusiaan Mahatma Gandi, hingga tokoh perempuan kebanggaan Indonesia, RA Kartini. (lebih lengkapnya, lihat di: http://kesehatan.kompas.com/read/xml/2009/03/07/02405619/pikiran.lebih.jernih.dengan.vegetarian)
  • kalo yang ini saya rujuk dari bukunya Reza M Syarif. kata beliau dalam bukunya “Life Excellence”, agar pikiran kita ini bisa jernih, lakukan hal-hal yang dianjurkan oleh Imam Ghazali. yaitu: lebih banyak diam ketimbang berbicara, jangan terlalu kebanyakan ketawa, banyak-banyak menangis, serta perbanyak berzikir untuk mengingat Allah.
  • biasakan untuk duduk dengan posisi tegak. ini berpengaruh terhadap rasa percaya diri seseorang yang selanjutnya juga akan mempengaruhi kejernihan pikiran seseorang. (lebih lengkapnya, lihat di: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/bioengineering/1936173-biasakan-postur-tubuh-tegak-agar/)
  • istirahat yang cukup. jelas ya!
  • ini tambahan dari saya. banyak-banyak MERENUNG. tentunya merenungkan hal-hal yang positif terutama merenungkan tentang kekuasaan Allah.
  • oh ya, gini teman. pikiran itu kan mirip seperti air, jadi kalo mau jernih tuh pikiran, ya jadikan ia terus mengalir. paham maksud saya?
  • masuki selalu konsisi alfa ya teman. yaitu kondisi saat saluran pikiran berada di kisaran 8-12 hertz. yaitu mirip-mirip seperti ketika kita sedang melamun-lamun gitu.

udah dulu ya teman, itu dulu. pastilah banyak lagi trik-trik yang lainnya yang bisa membuat pikiran kita ini jernih sejernih langit tanpa awan. atau sejernih air pegunungan yang masih alami itu. kalo sohib-sohib sekalian punya tips-tips yang lain, jangan ragu-ragu untuk kasih masukan ke tulisan ini. semoga bermanfaat. Amin. (Ali FMIPA UI)

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivat_Aplus 🙂

Melihat realita zaman yang terpampang di hadapan kita saat ini. Jelas bahwa umat ini sedang berada pada fase kemundurannya. Kita bisa melihatnya dari kesenjangan yang sangat jauh antara apa yang telah dicapai oleh Barat dengan apa yang telah kita capai pada saat ini. Baik dalam hal sains dan teknologi, pemikiran, seni, politik, dan lain-lainnya.

Di dalam salah satu bukunya yang berjudul “Umat Islam Menyongsong Abad 21”, Dr. Yusuf Qardhawi menjelaskan tentang realita-realita itu. Bahwa yang telah kita berikan untuk peradaban dunia pada saat ini, khususnya pada abad 20, masih teramat sedikit. Peradaban dunia pada saat ini memang masih dikendalikan oleh bangsa Barat. Namun demikian, bukan itu yang lantas menjadikan kita selalu berkecil hati untuk kemudian terjerat dalam lubang setan dengan selalu menggumamkan kata-kata “seandainya”, dan kata-kata yang sebangsa dengannya.

Namun, kita tetap perlu melakukan upaya-upaya untuk memperkecil jarak antara apa yang telah dicapai barat dengan apa yang kita capai saat ini. Kita juga perlu merasakan dan menacapkan  jiwa oprimisme yang tinggi jika menyadari secara mendalam akan janji yang ditawarkan oleh Rasulullah bahwasanya nanti, diakhir zaman –berarti pada zaman kita sekarang ini-, umat ini akan kembali memegang tapuk kekuasaan tertingginya di dunia. Berarti, peradaban dunia ini akan kembali lagi pada peradaban Islam yang hakiki. Hendaknya memang, ini menjadi batu lecutan semangat bagi kita dalam bergerak dan melangkah ke depannya.

Sedang dalam salah satu bukunya yang berjudul “Mencari Pahlawan Indonesia”, ust. Anis Matta menjelaskan dalam salah satu bagian dari bukunya itu bahwa dalam setiap potongan zaman, selalu terdapat dua pahlawan. Yang pertama adalah pahlawan kebangkitan. Sedang yang kedua adalah pahlawan kejayaan. Masing-masing pahlawan tersebut memberikan warna dan kontribusi yang berbeda bagi setiap zaman yang di embannya. Sebut saja masa kejayaan. Pahlawan di zaman ini didominasi oleh semangat perveksionisme dan inovasi. Masa ini adalah masa dimana obsesi kesempurnaan menjadi ruh bagi pergerakannya. Dan hal yang mendukung bagi proses kesempurnaan itu adalah intelektualitas dan spiritualitas. Yang belakangan akan melahirkan tradisi ilmu yang tinggi dan cita rasa keindahan yang sempurna.

Berangkat dari situlah, kami, panitia JRMN (Jaringan Rohis MIPA Nasional) bermaksud untuk mengadakan seminar nasional yang bertemakan “Peran Ilmuwan Muslim Dalam Membangun Peradaban Abad 21”. Seminar ini adalah rangkaian dari acara Mukernas ketiga JRMN yang bertempat di kampus UI, depok. Yang akan dilakasanakan pada tanggal 31 Juli 2009 pada pukul 08.00-11.30 WIB.

Adapun tujuan dari seminar nasional ini adalah untuk:

  1. Mengetahui sejarah kegemilangan ilmuwan muslim, dalam hal ini para scientist islam dan mengambil nilai-nilai luhur darinya. Termasuk di dalamnya adalah pencapaian-pencapaiannya dan ilmuwan-ilmuwannya.
  2. Mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan umat islam, dalam hal ini ilmuwan muslim (para scientist) mengalami kemunduran.
  3. Mengetahui arah perkembangan sains dan teknologi di abad 21.
  4. Mengetahui kearah manakah Ilmuwan Muslim, dalam hal ini para scientist harus memfokuskan diri?
  5. Mengetahui peran dan posisi umat Islam (para scientist) di abad 21.
  6. Mengetahui tindakan atau langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan oleh Ilmuwan Muslim, dalam hal ini para scientist-scientis muda masa depan saat ini.

Adapun, yang akan menjadi pembicara dalam seminar nasional ini, insa ALLAH aka nada tiga pembicara.

  1. Dr. Warsito (ketua MITI dan dosen pasca sarjana UI), yang akan menyampaikan materi terkait poin kesatu dan dua di atas.
  2. Dr. Nurul Taufiqu Rochman (ketua Masyarakat Nanoteknologi), yang akan menyampaikan materi terkait poin ketiga dan empat di atas.
  3. Prof. Dr. Komarudin Hidayat (rektor UIN Jakarta), yang akan menyampaikan materi terkait poin kelima dan enam di atas.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂


Total Kunjungan:

  • 659,175 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: