Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Ibadah

  • Tugas manusia diciptakan di dunia ini ada dua: #Ibadah dan menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi.
  • Oleh karena itu, menjadi sangat penting bg qt untuk meniatkan diri bhw segala sesuatu yg qt kerjakan adl semata2 krn #Ibadah pd Allah SWT.
  • “Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk #Ibadah padaKu” (Az-Zariyat: 56)
  • Sebagian dr qt menyempitkan makna #Ibadah
  • Ada yg mengartikan bhw yg namanya #Ibadah haruslah di masjid dan pake sarung(shalat, ngaji, haji, dll) atau puasa.
  • Sekali-kali janganlah qt menyempitkan makna #Ibadah ini tuips. Rugi!!
  • Intinya, segala sesuatu yg qt kerjakan (niatkan) demi mengharap ridha dan pahala dr Allah, adl #Ibadah
  • Contoh: 1. Bekerja (cari duit). Kl niatnya krn Allah disertai dgn cara yg halal tk mendapatkannya, insyaAllah #Ibadah.
  • 2. Berpolitik. Kl niat qt berpolitik krn ingin berdakwah disertai dgn cara2 yg benar serta tdk korupsi, insyaAllah #Ibadah.
  • 3. Nikah. Kl niat qt menikah krn Allah yaitu untuk menjaga diri dr perbuatan zina dan membangun peradaban, insyaAllah #Ibadah
  • Dan masih bnyk lg contoh2 lainnya terkait dgn #Ibadah krn yg namanya ibadah, spektrumnya (cakupannya) begitu luas.
  • Sungguh sayang beribu sayang apabila segala sesuatu yg qt kerjakan tdk dinilai #Ibadah hny krn qt tdk meniatkannya krn Allah.
  • Oleh krn itu, menjadi sangat penting peranan niat ini di dalamnya. #Ibadah
  • Karena dgn niat, qt bs menjadikan setiap detik yg qt lalui bernilai #Ibadah asalkan niatnya krn Allah SWT.
  • Bagaimana dgn pacaran? Bisakah berpacaran itu qt niatkan krn Allah SWT? #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Jwbnny: oh tdk bs. Knp? Krn yg namanya pacaran itu menghalalkan “hub” lk2 & pr yg jelas2 dilarang Allah. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • 1. Al-Isra 32: “Janganlah kamu mendekati zina; krn itu adl perbuatan yg keji & jln yg buruk”. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • 2. An-Nur 30: “Katakanlah kpd lk2 beriman, agar mereka menjaga pandangannya & memelihara kemaluannya”. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Zaman skrg org pacaran itu gimana? Ada gak yg tanpa pegang2an tangan, boncengan motor, tanpa tatap2an?” #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Cukup yah tuips. Semoga bs jd bahan renungan qt di pg yg cerah ini. Keep semangat tuk #Ibadah pd Allah. InsyaAllah

hidup di dunia ini cuma sebentar. umur manusia saat ini, paling banter 60an tahun. yang panjang umur, gak lebih lah dari 100 tahun. abis itu mati. singkat kan? lantas kalo kita tau hidup ini cuman bentar di dunia, ngapain pula kita kejar-kejar setengah mati dunia ini? mending ngejar surga yang udah ketauan abadi. konon satu hari di surga, setara dengan seribu tahun di bumi. itu kalo kita percaya bahwa surga dan neraka itu ada. nah lo?

di surat Adz-dzariyat ayat 56 Allah bilang: tugas manusia ama jin itu adalah ibadah. nah, kita kudu mandang makna ibadah ini dengan perspektif yang luas nih. ibadah gak harus cuma tok di masjid. ibadah gak harus cuma shalat, zakat, puasa, atau ibadah-ibadah mahdhah lainnya. pokoknya, intinya, segala sesuatu itu ibadah asalkan niat kita melakukan itu semata-mata karena Allah dan dengan cara-cara yang sesuai dengan syariat islam (al-quran & hadits). contoh: nyari rizki. ini niatnya harus karena Allah. insya Allah jadi ibadah. contoh lain: dakwah di politik. kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. nikah, kalo niatnya karena Allah, insya Allah ibadah. intinya sih jadiin aja segala aktifitas kita mulai dari bangun tidur sampe tidur kembali, sampe seterusnya, sampe kita mati, sampe hari kiamat, semata-mata karena Allah dan untuk cari rindha Allah.

jadi perspektif kita mandang dunia itu harus gini: dunia ini kita jadikan ladang amal buat kita biar dapet rindha Allah dan masuk surga-Nya kelak. ibarat kita musafir, kita ini lagi perjalanan untuk sampe ke satu tujuan. dan musafir ini kudu punya persiapan yang banyak biar selamet sampe tujuan (baca: amalnya kudu banyak).

ada satu perumpamaan dahsyat, ini: kenikmatan dunia dibanding akhirat ibarat jari kita celup di laut. jari yang kecelup itu nikmat dunia. seluruh aer yang ada di laut itu nikmat surga, bahkan lebih besar lagi.

rasul bilang, orang cerdas itu orang yang orientasi hidupnya adalah akhirat, selalu memikirkan akhirat, dan selalu nyiapin dirinya untuk hari akhirat.

dari sini kita tarik kesimpulan: ambisi dunia itu sebenernya ambisi-ambisi kecil. tapi prinsipnya: dunia ini gak boleh kita tinggalin. justru harus semangat ngumpulin pahala biar bisa masuk surga. inilah motivasi hidup yang sebenarnya.

ini aja yang pengen ane share..


Total Kunjungan:

  • 659,099 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: