Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Islam

  • Barusan liat berita di TV One, ada #teroris ditangkep di Depok. Teroris solo kemarin.
  • Yg cukup mengherankan pelakunya pernah ngajar Bahasa Arab di salah satu madrasah. #teroris
  • Buat sy, org yg belajar Agama Islam sejak kecil, hal tsbt sangat bertentangan. #teroris
  • Bagaimana mungkin org yg mempelajari Agama Islam melakukan suatu perbuatan yg jelas2 dilarang agamanya? #teroris
  • Sy rasa ini ada penyebabnya: bisa konspirasi musuh2 Islam, bs jg karna org yg bersangkutan salah dlm memahami Islam. #teroris
  • Beda hal dgn Jihad. Jihad yg dimaksud dlm Islam bukan membenarkan aksi2 terorisme seperti yg dilakukan Firman di Solo baru2 ini. #teroris
  • Jihad dlm islam bermakna kesiapan berkorban harta, jiwa dan raga untuk hal2 tertentu yg dibenarkan dlm syariat. #teroris
  • Umpama misal: Jihad mempertahankan tanah air dr penjajahan bangsa2 asing. Ini malah wajib dilakukan. Ada yg protes dgn hal ini? #teroris
  • Jihad melawan kemiskinan, kemalasan dan kebodohan. Ini harus dilakukan. Ada yg ane dgn hal ini? #teroris
  • Aksi2 #teroris itu malah tak mencerminkan Islam itu sendiri. Islam adl agama kedamaian dan keadilan. Sangat bertolak belakang.
  • Tunda dulu tuips kultwit #teroris nya. Babe minta beliin pangsit..hehe
  • Wihh, ada lagi nih ledakan di Jembatan Lima, Jakarta Barat. Masih anget tuips, baru kejadian. Aksi #teroris juga kah?
  • Nah, kl kaitannya dgn pilkada DKI, may be aja ada. Secara kan auranya panas membara. Tp kl #teroris diidentikan dgn Islam, sy gak sepakat
  • Knp masy Eropa mengidentikkan #teroris itu dgn Islam?
  • Jawabannya adl karena KONSPIRASI org2 yg benci dgn Islam. Atau bahasa lainnya: org2 yg mengidap “penyakit” ISLAMOPHOBIA. #teroris
  • Bnyk org2 “lugu” di Eropa yg “dicekokin” info2 salah ttg Islam. Dibuat sedemikian sehingga seolah2 Islam adl agama #teroris
  • Bahwa Islam adl agama kekerasan, agama pedang, agama ekstrimis dan fundamentalis. Salah besar woii.. #teroris
  • Org2 yg ada penyakit di dlm hatinya memelintir informasi bhw Islam dibesarkan dgn pedang, bhw nabi Muhammad gila perang, dsbg. #teroris
  • Maklumlah, media dunia kan saat ini dikuasai Yahudi Israel. Mudah buat mereka memutar balikkan fakta2 ttg Islam. #teroris
  • untuk jangka pendek memang hal ini sangat merugikan Islam. tp untuk jangka panjang? nanti dulu. #teroris
  • yang namanya kebenaran, dibengkokin kayak apapun, ya tetap benar. semakin dibengkokin, malah nanti tambah keliatan kebenarannya. #teroris
  • ada cerita menarik tentang kebenaran ini. kisahnya di Swiss. kisah nyata. #teroris
  • tersebutlah Daniel Streich, politikus Swiss yg semula mengidap Islamophobia. dia paling gencar menyerukan gerakan anti-islam. #teroris
  • dia berpikir, “untuk menghancurkan Islam, sy harus mengetahui Islam sampe ke dalem2nya, ke akar2nya”. belajar lah ia. #teroris
  • apa tuips yg terjadi selanjutnya? Maha Suci Allah, ia masuk Islam saat mempelajari Islam dr sumber dan informasi yg tepat. #teroris
  • okeh tuips, demikian dulu yah kultwit tentang #teroris nya. sebenernya masih pengen berpanjang kalam. tp keburu ada kerjaan lain,,was
Tags: ,

alhamdulillah ada buku baru tentang biografinya pak menkominfo tiffatul sembiring, judulnya: SEPANJANG JALAN DAKWAH…siap ngeburu nih.. hehehe…
mudah-mudahan qiyadah-qiyadah (pemimpin-pemimpin) kita pada rajin nulis dan buat buku, biar kita bisa baca dan belajar dari pemikiran-pemikiran mereka… atau buku-buku yang ditulis orang lain tentang mereka juga gak apa-apa. semoga bisa ngikutin jejak2 dakwah mereka di bumi pertiwi indonesia dan dunia ini…
islam adalah rahmatallilalamin (rahmat semesta alam)… kita wajib meyakini itu dan harus pula mewujudkannya..
amerika dan eropa terbukti gagal memimpin dunia..dunia penuh dengan kekacau balauan dibawah kendali mereka..
bismillah…

raja-raja zalim di timur tengah, kini mulai tumbang. dan partai-partai islam, kini mulai unjuk gigi di pentas gelanggang perpolitikan negara mereka. ada sepercik harapan di sana. ada fajar baru menyingsing dan bersemi di negeri para nabi itu. kini kita lihat, mesir tak malu lagi untuk terang-terangan mendukung pembebasan palestina dari cengkraman yahudi zionis israel. pun demikian dengan turki bersama perdana mentri kharismatiknya itu. ini berita bagus dalam skala global baik untuk umat islam ataupun nonislam. karena sesungguhnya, risalah islam adalah risalah kedamaian, keadilan, dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia yang ada di pelanet bumi ini. ini adalah sebuah indikasi bahwa geliat islam mulai bangkit setelah tertidur dalam jangka waktu yang cukup lama. dan biarlah kami memimpin dunia karena memang itulah tugas kami: menciptakan keadilan dan kesejahteraan di bumi Allah ini.

selamat tinggal duhai engkau raja-raja zalim. kami tahu, kezalimanmu tak akan lama bertahan. kezaliman hanya sementara. sedang kebenaran, kan abadi di panggung sejarah kehidupan ini. selamat tinggal duhai negara-negara zalim. dan engkau wahai amerika, israel dan sekutu, percayalah bahwa kekuatan Allah ada di atas segala-galanya. bom-bommu yang kau sangka canggih itu, roket-roket serta rudal-rudalmu, adalah hal kecil di mata Allah. tidakkah kalian membaca sejarah peradaban bahwa Allah seringkali mengazab seorang raja atau umat atau negara atau peradaban dengan cara mengenyahkannya dari muka bumi hanya dalam sekedip mata? segeralah bertaubat. masuklah islam jika kalian ingin selamat dunia akhirat. tidakkah kalian malu bahwa ambisi-ambisi kalian itu, adalah ambisi-ambisi kerdil nan licik tanpa dasar kebenaran sama sekali. kebenaran hanyalah milik Allah. percuma saja kalian berkedok atas dasar demokrasi, ham, menuduh umat islam sebagai teroris dan lain sebagainya. baunya bangkai yang tersimpan rapat-rapat, kan tercium juga oleh khalayak. karena di mata kami, kezhaliman kalian telah melampaui batas dan itu sejelas-jelasnya terlihat di depan mata kami. liahtlah bagaimana kalian menerapkan standar ganda terhadap israel terkait palestina. lihatlah bagaimana skenario kalian menyerang irak tanpa pernah terbukti sama sekali bahwa irak telah menyimpan senjata pemusnah masal. dan kini kalian hendak menyerang iran dengan dalih yang sama. rakus!! kalian benar-benar rakus. nauzubillahiminzalik.

duhai bapak presiden negara yang katanya digdaya beserta kroni-kroninya, apakah di agama kalian tak pernah diberitakan bahwa setelah kehidupan dunia ini, kita akan hidup kembali di kehidupan kedua yang kekal nan abadi? tidakkah diajarkan pada kalian bahwa disanalah tempat pertanggungjawaban yang sebenarnya bagi segala amal dan perbuatan-perbuatan kita selama hidup di dunia ini? tidakkah sampai berita pada kalian akan betapa dahsyatnya siksa di neraka akhirat sana? dan tidakkah sampai berita pada kalian bahwa ada balasan surga bagi hamba-hamba Allah yang hidupnya di dunia untuk menebar kasih dan rahmat bagi semesta alam? bertobatlah wahai saudaraku. atau, jika kalian tak segera bertaubat, tunggulah kehancuran kalian yang sudah terlihat di depan mata kalian sendiri. sungguh, janji Allah adalah benar.

share kata-kata encang Hasan Al-Banna tentang peran “agama” dalam kehidupan manusia. yang kita bicarakan di sini adalah islam. kenapa? karena “Sesungguhnya agama (yang diridhai) di sisi Allah hanyalah Islam” (QS. 3:19). encang Hasan berkata:

“Apakah Anda melihat sesuatu yang dapat menguasai jiwa manusia lebih kuat daripada agama? Apakah Anda membaca dalam sejarah umat manusia suatu faktor yang paling dahsyat pengaruhnya pada kehidupan masyarakat daripada agama? Dan apakah Anda menyaksikan suatu dampak dari kehidupan para filosof dan cendekiawan sehebat apa yang dimiliki para nabi dan rasul?”

encang Hasan benar. agama lah yang bisa membuat manusia sampai pada puncak kejayaannya. agama lah yang membuat manusia mampu mengerjakan hal-hal besar dalam hidup ini. dan agama lah yang bisa membuat manusia bahagia di dunia dan akhirat (dapet surga).

pesan: mari terus semangat untuk memperbaharui komitmen kita dengan agama (islam). amal itu terlaksana jika ada tancapan bara keinginan yang amat kuat di dalam qalbu. keinginan yang kuat itu adalah buah dari pikiran yang benar tentang agama. dan makanan pikiran adalah ilmu. mari terus menambah ilmu dan pemahaman kita tentang agama ini biar ada output (hasil berupa amal) dan outcome (dampak bagi diri kita sendiri) dalam kehidupan sehari-hari.

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus 🙂

seseorang bertanya: bagaimana umat islam saat ini menurut kalian?

saya hanya memberikan jawaban singkat berikut:

“coba liat islam dalam konteks global. liat negara-negara macam: mesir, tunisia, libya, suriah, yordania, yaman dan negara-negara timur tengah lain yang sedang mengalami peristiwa yang dikenal dengan sebutan “arab spring” (musim semi arab). coba liat, adakah tanda-tanda kebangkitan islam di sana? partai-partai apa yang memenangi pemilu di negara-negara tersebut? di sisi yang lain, coba liat krisis yang sedang terjadi di amerika dan negara-negara eropa. krisis ini sudah terjadi sejak tahun 2008 hingga sekarang. coba hubungkan antara kedua “blok” ini. di timur ada musim semi. di barat, kelabu dan mendung jadi cuaca harian mereka saat ini. lantas di indonesia gimana? pesan seorang ustadz, kalo islam di indonesia mau bangkit, perbaiki dari yang paling kecil. apa? mentoring yang rajin. harapan itu masih ada. insyaAllah”.

ketika peradaban suatu umat ada di puncak kejayaannya, maka nilai-nilai yang paling dominan adalah nilai-nilai spiritual. ketika datar, nilai-nilai yang dominan adalah nilai-nilai rasional. dan ketika hendak hancur, nilai-nilai yang dominan adalah nilai-nilai materialistik. maksudnya materialistik adalah seluruh kehidupan mereka tercurahkan untuk mengejar kesenangan-kesenangan dunia dan melupakan kehidupan kedua yang kekal dan abadi yaitu kehidupan akhirat. syahwat merajalela, tujuan hidup mereka seluruhnya adalah dunia. inilah yang menyebabkan akhlak mereka bobrok. dan inilah yang terjadi pada bangsa barat. maka gejala kehancuran sudah mulai terlihat di wajah amerika, barat dan sekutunya karena seluruh orientasi hidup mereka hanya berkutat pada unsur-unsur materi. dan di saat yang bersamaan, umat islam kini mulai bangkit dari tidur. hal ini bisa terlihat dari kemenangan-kemenangan umat islam di timur tengah lewat peristiwa ‘arab spring’ (musim semi arab). bisakah kita membayangkan tekanan-tekanan hidup yang diderita rakyat timur tengah dibawah kepemimpinan raja-raja zalim dan diktator selama sekian puluh tahun lamanya? tapi para dai di sana sabar dan terus melakukan kerja-kerja kecil dalam sunyinya yang panjang. seluruh derita perjuangan justru membuat mereka kiat kuat dan yakin akan datangnya pertolongan Allah. dan saat ada kesempatan, disitulah mereka unjuk gigi. maka bisa kita lihat hasilnya di moment revolusi arab saat ini. maka jayalah engkau bangsa arab. bangkitlah engkau umat islam dimanapun engkau berada. dunia membutuhkan sentuhan “magismu” untuk mengubah wajahnya menjadi taman-taman surga.

*semoga kebangkitan umat di indonesia juga bisa terealisasi. mudah saja bagi Allah untuk mewujudkannya. tapi, pantaskah kita?

kabar gembira semalem, akhirnya, remaja masjid deket rumah (remaja masjid jami nurul jannah), dibentuk kembali. seinget saya, sudah 9 (sembilan) tahun vakum yaitu pas saya kelas 3 (tiga) mts (setingkat smp). tentu saya senang, bahkan terharu. kenapa? buat saya, ini adalah kesempatan bagus untuk mensyiarkan islam di kampung saya plus menjadikan generasi-generasi muda kampung saya agar respek dengan agama mereka yaitu agama islam. karena saya meyakini, satu-satunya jalan keselamatan adalah ketika kita mau kembali pada ajaran islam yang lulus dan hanif serta mempraktekan dengan benar apa-apa yang ada di dalamnya. tentu tanpa memparsialkan islam dalam tataran prakteknya.

tapi tantangannya cukup berat. contoh, sewaktu pembentukan kembali remaja masjid yang digagas oleh ketua sementara pembangunan masjid (masjid kita lagi di renovasi yang konon membutuhkan dana hingga 6 miliar). awal-awal pembukaan saja, sewaktu memberikan motivasi pada sekitar 16 orang remaja, beliau bilang seperti ini: “orang-orang hebat yang ada di partai saya, partai yang warnanya kuning berlambangkan pohon beringin, mereka semua merintis karir berawal dari remaja masjid. ya kita sih kalo ada jabatan-jabatan nantinya, pasti akan kasih ke yang muda-muda. kita ini mah udah pada tua. buat kalian aja”. jleb.. saya tidak mau berkomentar lebih jauh. silakan teman-teman nilai sendiri.

belom lagi hal yang membuat saya tercengan bak orang bego ngeliat bidadari turun dari kayangan. ini lagi rapat nih di dalam masjid, seenak udelnya aja pada ngerokok ceplas ceplus udah kayak di warteg. dari ngerokoknya aja buat saya itu udah bermasalah, tambahan lagi ngerokok di dalam masjid, pas rapat pembentukan remaja masjid pula. astaghfirullah…

alih-alih membuka rapat dengan membaca ta’awudz dan basmalah, mereka malah membukanya dengan sama-sama menyulut sebatang rokok yang siap mengibarkan asap-asapnya sebagai panji pengibar semangat mereka untuk berdakwah. saya cuma bisa geleng-geleng kepala.

tapi, di atas kesemuanya itu, saya benar-benar bersyukur pada Allah SWT karena telah memberikan kesempatan pada saya dan teman-teman yang lainnya untuk menghidupkan kembali syiar islam di kampung saya. semoga ini menjadi amal bagi saya dan teman-teman remaja masjid yang lain yang mudah-mudahan nantinya bisa menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di akhirat kelak. amin

oh ya, melihat kondisi yang seperti itu, cukup tiga hal ini keinginan saya terhadap mereka:
1. remaja masjidnya pada rajin ke masjid. utamanya pas shalat lima waktu
2. gak ngerokok di dalam masjid kalo lagi rapat atau lagi kumpul-kumpul
3. ada minimal satu orang yang punya komitmen dengan tarbiyah

saya tidak mau mengawang-ngawang dulu melihat kenyataan, sang pawang merupakan kader salah satu partai sekuler yang sudah cukup exist di indonesia. dan kebanyakan remaja masjid yang ada, bergaulnya di lingkungan anak-anak muda yang hobinya: ngerokok, -maaf- minum, dll.

semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan bagi langkah-langkah kita untuk menyemai peradaban islam di muka bumi-Nya. semoga Allah senantiasa memberikan kekuatan, kesabaran, dan kemudahan dalam berdakwah bagi agama-Nya. dan semoga Allah memberikan rahmat dan hidayah-Nya pada kita semua. amin ya robal alamin.
mohon doanya ya kawan 😀


Total Kunjungan:

  • 641,440 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di: