Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘maple

okeh gan, kita lanjutin yukz belajar Maple-nya. begini, kang maple ini ternyata tidak hanya bisa menggambarkan grafik dari sebuah persamaan (yang rumit sekalian) saja. lebih dari itu, kita bisa melihat hasil grafik yang ditampilkan oleh akang maple ini dengan lebih jelas. maksudnya, kita bisa melihat-lihat hasil grafiknya itu dari berbagai sisi. kalo misalkan grafiknya itu berada di dalam ruang, kita bisa melihatnya dari oktan (ada 8 oktan) manapun.

okelah, dari pada bingung, langsung aja yukz kita study kasus.
misalkan begini:
kita mo ngegambar sebuah grafik yang persamaannya sebagai berikut:

r = (1.3)^x*sin(y)

dengan domain daerahnya adalah:

r = 0,1..5

x = -1..2π

y = 0..π

ini gambar grafiknya: (dipencet kalo mo gede)

ini diliat dari sisi yang berbeda (diliat dari oktan berapa ya gan kira-kira?):

ini lagi:

gimana, lebih jelas khan, puas-puas?

Tags:

buat agan-agan sekalian yang belom kenalan ma MAPLE (alat bantu hitung di matematika), yuk kenalan dulu. ini dia “wajahnya”: (gambar bisa gede kalo dipencet)

ini simbol-simbol pembantu dalam maple:

nah, yang di bawah ini adalah salah satu kegunaan maple dalam matematika. yaitu membantu membuat grafik yang susahnya kebina amat kalo kita pake cara manual (gambar sendiri). ngebayangin aja susah, apalagi ngegambarnya yah. ampun dech

okelah kalo begitu. sebenarnya masih banyak kegunaan-yang lain dari maple ini. tapi nyicil aja yach. dikit-dikit. yang penting udah ada bayangan tentang maple. hehehe :mrgreen:

Tags:

gan, kalo ada persamaan kayak gini:

3x^2+5xy-7y^2+2x+7=0

gambar grafiknya kek apa yach?

jawab:

minta bantuan maple aja yach

caranya:

ketik sintaks berikut di worksheet maple

> with(plots):
> implicitplot(3*x^2+5*x*y-7*y^2+2*x+7,x=-3..3,y=-3..3);

diperoleh grafik seperti gambar di bawah:

monggo dipencet biar gambarnya lebih jelas

sekarang, kalo persamaannya gini gimana gambarnya:

5x^2-4xy+8y^2+(20/√5)x-(80/√5)y+4=0

fiuhhhh 🙄

Tags:

Total Kunjungan:

  • 659,178 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: