Nur Ali Muchtar

Posts Tagged ‘Pacaran

  • hati-hati lho saat ungkapkan rasa #CINTApada seseorang!!
  • kenapa harus hati2 saat ungkapkan rasa#CINTA pada seseorang (lawan jenis)?
  • karena kata #CINTA itu mengandung makna yg sangat berat dan dalam.
  • hakikat #CINTA itu memberi.
  • mk saat Anda mengatakan: “Aku #CINTApadamu”. berarti kita mengatakan: “Aku siap memberi kamu apapun yg aku punya. aku siap menumbuhkanmu”
  • “aku siap membuatmu lbh baik. aku siap menafkahimu. aku siap menanggung semua bebanmu. aku akan melindungimu dr segala mara bahaya”. #CINTA
  • pertanyaannya adl: “siapkah/mampukah Anda melakukan semua itu tatkala Anda mengatakan bhw Aku #CINTA Padamu?”
  • kl gak siap/gak mampu, ya jangan coba2.#CINTA
  • kalo gitu, gak boleh pacaran dong??#CINTA
  • ehmm,,sebelum dilanjutkan, sy mau tanya: “siapa di sini yg punya pacar ayoo??” #CINTA
  • ini mau jawabannya gimana ini, menurut agama atau menurut apah? #CINTA
  • kl menurut agama ya jelas gak boleh..#CINTA
  • Isya dolo tuips. nanti kita lanjutkan pembahasan tentang #CINTA#eaaa
  • kenapa dlm agama pacaran dilarang?#CINTA
  • jawabannya krn pacaran itu cenderung mendekati zina. #CINTA
  • ada yg protes kl saya katakan pacaran itu cenderung mendekati zina? #CINTA
  • skrg sy tanya, kl pacaran Anda biasanya ngapain? #CINTA
  • sepengamatan sy yg orang “cupu” ini: minimal sms-an pake kata sayang2an. bener gak? “aku cinta padamu. aku kangen kamu. rindu kamu”. #CINTA
  • naik ke atas biasanya jalan berdua, entah itu shopping, jalan2, ke kantin, belajar, dsbg. #CINTA
  • kl dah jalan berduaan, pegangan tangan gak biasanya? #CINTA
  • pastilah pegangan tangan. masak pacaran jauh2an. ngambekk?? #CINTA
  • kl pegangan tangan, sentuhan kulit gak? *pertanyaanbodohnih #CINTA
  • padahal di dlm hadits Nabi Muhammad tdk pernah bersentuhan kulit dgn yg bukan muhrimnya. #CINTA
  • isyarat dong dr Nabi kl kita itu sebenernya gak boleh sentuhan dgn lawan jenis yg bukan muhrim. #CINTA
  • hadits yg lain bilang: “lebih baik deh pegang bara api yg panas daripada sentuhan kulit dgn yg bukan muhrim”. dosanya besar tuips..#CINTA
  • satu lg hadits: “ditusuk kepala qt pake besi yg panas msh lbh baik ketimbang sentuhan kulit dgn yg bukan muhrim”. huhhh,, #CINTA
  • eksrim kah?? tapi bukan ajaran teroris lhooo.. cc @Metro_TV #CINTA
  • naik ke tingkatan selanjutnya, abis jalan2 berduaan biasanya ngapain lagi? #CINTA
  • yg lebih tinggi deh: ciuman? #CINTA
  • yg lebih tinggi dari ciuman apa coba?#CINTA
  • yg lebih tinggi dari ciuman adl zina sesungguhnya. astaghfirullahalazhim. qt berlindung pd Allah agar dijauhkan.#CINTA
  • hukumannya adl dicambuk dan dirajam (dilempari batu) sebanyak 100 kali. allahu akbar.. #CINTA
  • serem yah tuips..kok tuit saya kayaknya serem banget yah.. sy juga ngerih dan takut. padahal kultwit ttg #CINTA. kok ujung2nya pake dirajam
  • iya tuips, pada dasarnya agama kita tdk melarang seseorang untuk jatuh cinta. itu fitrah. kl dilarang malah yg gak bagus jadinya. #CINTA
  • hanya saja, yg namanya #CINTA ini harus kita kemas dlm koridor yg syar’i. sesuai dgn tuntunan agama lah. insyaAllah selamat. #CINTA
  • segitu dulu ya tuips cerita ttg #CINTA nya. laaapeerrrrr!!
  • Tugas manusia diciptakan di dunia ini ada dua: #Ibadah dan menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi.
  • Oleh karena itu, menjadi sangat penting bg qt untuk meniatkan diri bhw segala sesuatu yg qt kerjakan adl semata2 krn #Ibadah pd Allah SWT.
  • “Tidaklah aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk #Ibadah padaKu” (Az-Zariyat: 56)
  • Sebagian dr qt menyempitkan makna #Ibadah
  • Ada yg mengartikan bhw yg namanya #Ibadah haruslah di masjid dan pake sarung(shalat, ngaji, haji, dll) atau puasa.
  • Sekali-kali janganlah qt menyempitkan makna #Ibadah ini tuips. Rugi!!
  • Intinya, segala sesuatu yg qt kerjakan (niatkan) demi mengharap ridha dan pahala dr Allah, adl #Ibadah
  • Contoh: 1. Bekerja (cari duit). Kl niatnya krn Allah disertai dgn cara yg halal tk mendapatkannya, insyaAllah #Ibadah.
  • 2. Berpolitik. Kl niat qt berpolitik krn ingin berdakwah disertai dgn cara2 yg benar serta tdk korupsi, insyaAllah #Ibadah.
  • 3. Nikah. Kl niat qt menikah krn Allah yaitu untuk menjaga diri dr perbuatan zina dan membangun peradaban, insyaAllah #Ibadah
  • Dan masih bnyk lg contoh2 lainnya terkait dgn #Ibadah krn yg namanya ibadah, spektrumnya (cakupannya) begitu luas.
  • Sungguh sayang beribu sayang apabila segala sesuatu yg qt kerjakan tdk dinilai #Ibadah hny krn qt tdk meniatkannya krn Allah.
  • Oleh krn itu, menjadi sangat penting peranan niat ini di dalamnya. #Ibadah
  • Karena dgn niat, qt bs menjadikan setiap detik yg qt lalui bernilai #Ibadah asalkan niatnya krn Allah SWT.
  • Bagaimana dgn pacaran? Bisakah berpacaran itu qt niatkan krn Allah SWT? #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Jwbnny: oh tdk bs. Knp? Krn yg namanya pacaran itu menghalalkan “hub” lk2 & pr yg jelas2 dilarang Allah. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • 1. Al-Isra 32: “Janganlah kamu mendekati zina; krn itu adl perbuatan yg keji & jln yg buruk”. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • 2. An-Nur 30: “Katakanlah kpd lk2 beriman, agar mereka menjaga pandangannya & memelihara kemaluannya”. #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Zaman skrg org pacaran itu gimana? Ada gak yg tanpa pegang2an tangan, boncengan motor, tanpa tatap2an?” #Ibadah @salamui @izzatulislamipa
  • Cukup yah tuips. Semoga bs jd bahan renungan qt di pg yg cerah ini. Keep semangat tuk #Ibadah pd Allah. InsyaAllah

seseorang dari mereka bertanya: “kak, pacaran boleh gak sich??”. saya tercenung sebentar, lantas berkata: “boleh gak yeahhhhh…hehehehe”. selanjutnya, saya tidak mengatakan bahwa pacaran itu tidak boleh, bahwa pacaran itu haram, bahwa kalian harus menjauhi itu yang namanya pacaran. saya tidak mau mengekang itu pada mereka saat ini. karena jelas, sangat-sangat beresiko. sekali lagi, sangat-sangat beresiko. maklum lah, mereka kan baru kelas satu dan baru mentoring. kalo saya larang mereka untuk pacaran saat ini, takutnya mereka malah mental dan gak mau mentoring-mentoring lagi. berabe toh??

alih-alih menjelaskan tentang hukum pacaran, saya malah menanyakan pada mereka satu-satu tentang gimana pendapat mereka mengenai pacaran. satu persatu dari mereka menjawab. ada yang bilang gak boleh karena mendekati zina. ada yang bilang haram. ada pula yang bilang, boleh kalo itu sifatnya positif dan gak boleh kalo sifatnya negatif. saya pun bertanya pada orang yang bersangkutan, maksudnya pacaran yang positif dan negatif itu gimana? “maksunnya gini kak. kan kita biasanya suka tuh dapet semangat dari doi. misal: jadi rajin belajar, ngebangunin tahajjud, ngigetin pr, dan lain sebagainya. kalo yang negatif itu, ya yang ngedeketin zina itu (pegangan tangan, ciuman, memandang dengan nafsu syahwat, jalan berduaan, dll)”. lantas saya bertanya lagi pada mereka, “pacaran jaman sekarang itu emang kayak gimana?”. dengan malu-malu, merekapun menjawab, “pacaran yang negatif itu kak, yang ngedeketin zina”. sampai di sini, saya tidak melanjutkan dan tidak menyimpulkan bahwa pacaran itu haram karena cenderung mendekati zina atau malah bahkan sudah berbuat zina. nah yang paling membuat saya bingung adalah saat mereka menanyakan hal ini: “kakak pacaran gak?”. *jleeebbbbb… bingung saya mau jawab apa. hehe

saya berpikiran, tahap awal yang harus saya bangun dengan mereka adalah kedekatan secara hati, emosi dan pikiran. adapun pelarangan-pelarangan dengan mengatakan pacaran itu tidak boleh, tidak dibenarkan dalam islam. atau jangan main band, dan lain sebagainya, benar-benar saya hindari saat ini. kebetulan minggu kemaren ada salah seorang dari mereka yang ijin gak ikut mentoring karena mau ngeband. tapi saya senang, karena sebelum ngeband, ia datang dulu menemui saya, setelah itu shalat ashar, baru kemudian ia berangkat dengan grup bandnya yang memang sudah terbentuk sejak kelas 3 smp.

saya justru senang saat mereka menanyakan pada saya apakah pacaran itu boleh atau tidak. karena itu berarti, sudah mulai ada sedikit “warning” di otak mereka dari mentoring yang biasa kita lakukan selama seminggu sekali. tidak pernah, sama sekali tidak pernah saya melarang mereka saat mereka melakukan ini, melakukan itu atau melakukan ono. yang saya lakukan adalah mencoba untuk menerangkan konsep-konsep islam berkaitan dengan keimanan, ketakwaan, surga, neraka, kematian, konsep hidup sukses, al-qur’an, sunnah, hablum minallah, hablum minannas, beramal shalih, tujuan hidup dan lain-lainnya. saya mencoba untuk menjelaskan itu semua dengan sesering mungkin melibatkan mereka dengan diskusi. saya berpikiran, insyaAllah kalo mereka paham dengan hal-hal tersebut, akan dengan sendirinya mereka menjauhi segala sesuatu yang memang dilarang dalam agama.

dan yang membuat saya tercengang adalah ini: kita mulai mentoring biasanya jam3 sore, dan baru selesai biasanya pas isya. setelah shalat isya berjamaah, baru kita semua pulang ke “kandang” masing-masing. kita memang menyelingi selang waktu tersebut dengan belajar matematika. tapi itu bisanya setelah mentoring (di akhir-akhir). dan belajar matematikanya jauh lebih sedikit ketimbang mentoringnya. entahlah, saya pun dibuat terheran-heran oleh mereka. karena gini, mereka ini kan baru mentoring, tapi gairah “diskusinya” jelas-jelas hidup di dalam diri mereka. dan alhamdulillahnya, sayapun masih kuat untuk meladeni mereka hingga mereka sendiri yang bilang: “okeh kak sampe di sini dulu. udah malem”. atau kita baru berhenti saat penjaga sekolah memanggil kita seraya berkata: “ini gak pada pulang apa udah malem?”. biasanya dijawab oleh anak-anak dengan jawaban: “iya pak sebentar lagi. nanggung ini”.

saya hanya bisa berkata dalam hati: “ya Allah, hamba cinta mereka karena Engkau. berilah hidayah pada mereka. dan jadikan mereka merupakan orang-orang yang kelak memiliki komitmen yang kuat dengan dakwah dan tarbiyah. rahmati dan berkahilah kami semua. amin”.


Total Kunjungan:

  • 659,225 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Komentar Terakhir:

ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Download Majalah Xcode Yogyafr…
Sharonda Teller on Download Majalah Xcode Yogyafr…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
Kata Mutiara Islami… on Selamat Milad (Ulang Tahun) Ya…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Halloo Dunia
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…
ᵝᴵᴬᴺᴳᴷᴬᴸᴬ on Daftar Situs Yang Menghina…

Kenal Lebih Dekat di: