MENULIS SEUMUR HIDUP

Anak Betawi Diburu Intel Yahudi

Posted on: November 2, 2009

anak betawi_2

kawanku yang kucintai karena Allah. ni Ali, anak betawi. wuizzzz, kawan, daku baru dapet buku yang menurut daku amazing. judul buku ini seperti yang tertera di atas: “Anak Betawi Diburu Intel Yahudi” karya maestro betawi bang Ridwan Saidi. sebuah novel.

kawan, karya masterpiece ini, bagiku, saat ini, sekarang ini, adalah satu-satunya buku yang mampu mengobarkan semangat patriotismeku dengan budayaku betawi itu. buku ini membuat daku bangga untuk mengatakan bahwa daku, ali, adalah si entong anak betawi. asli betawi. daku menyebutnya betawi tujuh turunan. karena memang tidak ada percampuran dari budaya yang lain dalam silsilah klan keluarga besar kami. satu hal yang sebenarnya, diam-diam, enggan kuakui pada diri sendiri maupun orang lain sejak dahulu kala. namun, dengan hadirnya buku ini ke pangkuanku, bukan main rasanya, seperti seorang anak muda yang sejak dahulu merindukan bidadari turun dari kayangan. pas bertemu dengan sang bidadari itu, anak muda ini enggan barang sejenak untuk meninggalkannya. maunya, ngejogrok aja di pangguan sang bidadari. dan ia pun akan mengakui segala hal yang telah menjadi rahasia hidupnya itu demi sang peri. duh

pertanyaan sedikit kritis yang harus kawanku tanyakan pada si entong Ali ini adalah, mengapa jiwa patriotisme ala betawiku ini bisa muncul gara-gara ini buku. duhai, ada apa gerang? apa the secreat dari buku ini?

begini ceritanya kawan

kenal tak dengan penulisnya? bang Ridwan Saidi, engkong yang dilahirkan 67 tahun silam ini. siapakah orang ini? beliau adalah salah satu cendekiawan yang dimiliki oleh jakarte kite ini. ia lulusan Fakultas Hukum dan IPK Universitas Indonesia (sekarang FISIP UI). di bukunya itu -dan ini juga penuturan seorang kawan dan berdasarkan buku yang saya baca itu (jika ada kesalahan ya mohon di maafkan saja)-, beliau ini “bisa” bahasa: betawi (jelas lah ya. penyusun glosari / kamus bahasa betawi juga), jawa, Belanda, Arab, Inggris, Jepang, Cina dan yang menakjubkan adalah bahasa Ibrani. bahasanya orang Yahudi itu. dan ternyata kawan, beliau ini juga mendapat julukan Pakar Zionis. selain julukannya yang lain sebagai kamus bahasa betawi berjalan. wuih-wuih-wuih dahsyat betul.

riwayat pengalaman hidup dan organisasinya pun lumaya banyak. beliau pernah menjadi: ketua Umum Partai Masyumi (1995-2002), Ketua Steering Comittee Kongres Kebudayaan (2003), Direktur Eksekutif Indonesia Democracy Watch, Ketua Komite Waspada Komunisme, Sekjen PP Muslimin Indonesia (1985-1987), Ketua Departeman Pemilihan Umum DPP PPP (1984-1987), Anggota DPR RI (1977-1987), Ketua Umum PB HMI (1974-1976), Sekertaris Jendral Persatuan Mahasiswa Islam Asia Tenggara (1973-1975), dan saya yakin masih banyak yang lainnya. beliau juga sering mengadakan lawatan ke luar negeri. jangan sekali-kali membicarakan tentang komunis dan zionis di hadapannya jika ada tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai ke dua hal itu. apa lagi mengajak berdebat. bisa-bisa anda mirip kebo yang hidungnya sudah dicocrok. ga berkutik.

politisi dan budayawan Indonesia ini juga telah mengarang puluhan judul buku. diantaranya:

  • Golkar Pascapemilu 1992, 1993
  • Anak Betawi Diburu Intel Yahudi, 1996. sekarang naik naik cetak yang ke dua pada tahun 2008
  • Profil Orang Betawi: Asal muasal, kebudayaan, dan adat istiadatnya, 1997
  • Status Piagam Jakarta: Tinjauan hukum dan sejarah, 2007

daku bangga karena dari sukuku ini ada orang yang bisa kujadikan sebagai panutan. harapannya adalah semoga ia bisa menjadi inspirasiku yang lain layaknya Andrea Hirata, Anis Matta, Shofwan Al-Banna, Ridwansyah Yusuf Achmad (ketua KM ITB) menginspirasiku.

kalo teman ingin mengetahui seperti apa adat budaya betawi, ya buku ini sangat pas sekali untuk teman baca. kalo teman ingin mengetahui perbendaharaan kosa kata dalam bahasa betawi, ya teman baca buku ini. kalo temanku ingin tertawa-tawa sendiri, ya baca buku ini. kalo teman ingin menangis karena terharu akan ruh jihad, ya teman baca buku ini. insya-Allah buku ini banyak manfaatnya.

semoga bermanfaat

Nb: ini foto bang Ridwan Saidi

Ridwan Saisi

Tags:

1 Response to "Anak Betawi Diburu Intel Yahudi"

bismillah.. bang saya cari buku Anak Betawi Diburu Intel Yahudi, 1996,dimana ya saya bisa mendapatkannya…tolong bantuannya bang, ini no HP saya 085643379892 .jazakallah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,803 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: