MENULIS SEUMUR HIDUP

Hari Minggu Hari Kumpul Keluarga

Posted on: February 15, 2010

biasanya, selama satu minggu kurang, dari hari Senin hingga Sabtu (separuh hari), saia berada di Depok. sisanya, hari Sabtu (separuh hari) dan Minggu saia berada di rumah.

memang benar bahwa bagi kebanyakan orang, hari Minggu adalah hari kumpul keluarga. saia merasakan sendiri yang sekarang masih sebagai seorang mahasiswa. saia tidak bisa membayangkan dengan kawan-kawan saia yang tinggal jauh nun di pelosok sana semisal di Aceh, Nusa Tenggara, Bali, dan tempat-tempat yang jauh dari tempat mereka kuliah. kadang baru 6 bulan mereka bisa bersua dengan keluarga tercinta. aduhhh…

kalo hari minggu tiba, maka rumah yang telah saia tinggalkan kurang dari satu minggu itu akan menjadi rumah yang sangat penuh dengan manusianya. suasana mirip dengan pasar malam saat malam minggu. rame dan penuh sekali. baik rame dengan orang-orangnya maupun penuh dengan motor-motor yang berjubel di setiap sudut rumah.

saia anak yang ke tujuh dari delapan bersaudara. kalo ditambah kedua orang tua yang masih komplit maka totalnya menjadi 10 orang. belum lagi ditambah cucu-cucunya yang berjumlah lima orang yang kalo hari Minggu tiba sering berkunjung ke rumah nyainya dan engkongnya (baca: nenek dan kakek). jadi kalo hari Minggu, maka rumah saia itu akan dipenuhi oleh saia, adik saia, dan kakak-kakak saia yang kebanyakan sudah tidak tinggal di rumah lagi. plus motor yang kami pake masing-masing turut menambah keramaian rumah saia.

saia hanya tidak bisa membayangkan bagaimana dengan orang-orang yang (maaf) tidak memiliki keturunan atau hanya memiliki satu orang anak. bagaimana kalo sang anak ini harus kuliah atau kerja jauh ke luar daerah sana? pastilah akan sangat sepi sekali rumahnya itu. beruntung saia punya banyak saudara. mungkin memang benar bahwa banyak anak banyak rezeki. pengertian rezeki disini tidak hanya sebatas materi saja. bisa jadi rezeki suasana rame tadi, rezeki tidak kesepian tadi, atau dalam bentuk yang lainnya.

jadi bagi saia yang masih berprofesi sebagai mahasiswa, hari Minggu sudah menjadi suatu keharusan untuk kembali bertandang ke rumah tercinta. ibarat baterai yang sudah lowbat, rumah adalah tempat ngecash energi saia yang telah terkuras selama satu minggu kuliah.

bagaimana dengan Anda?

4 Responses to "Hari Minggu Hari Kumpul Keluarga"

mantab dah kl keluarga kumpul2 bareng

Setuju! saya setiap hari sabtu selalu usahain untuk pulang ke rumah. tapi enggak untuk minggu ini *sedih*

lama tak berkunjung, kaget niy aly belum update blognya sampai tanggal segini..

@maman: he’eh
@greengrinn: kenape?
@agus: ente baca postingan yang ini; https://alymerenung.wordpress.com/2010/02/10/istri-saia-ilang-satu/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 520,163 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: