MENULIS SEUMUR HIDUP

Ringannya Komputerku

Posted on: March 1, 2010

asik, jadi lebih ringan komputer yang saia gunakan sekarang. awalnya, saat baru diberikan oleh keponakan, terasa agak lemot kalo digunakan. banyak sekali program yang gak guna diinstall di sana. sedang kondisi komputer biasa-biasa saja. memorinya hanya sekitar 480 MB, dan hard disknya hanya berukuran sekitar 40 Giga dengan pentium empat sebagai processornya.

tadinya saia mau install degan windows seven. tapi nampaknya hal ini tidak memungkinkan mengingat spek komputer yang seperti itu. mungkin bisa, tapi pasti akan sangat berat sekali untuk menjalankan suatu program. akhirnya, saia memilih windows XP sebagai OS (Operating System)-nya.

dan bussssss, setelah diinstall, jalannya komputer jadi lebih ringan. segar sekali ketika pertama kali memakainya. ibarat orang yang habis berolahaga dengan keringat dan bau badan di sekujur tubuhnya, maka ketika selesai mandi, mantaplah segarnya. begitulah serasa komputer saia ini. ringan sekali dipakainya.

strategi saia dalam menghadapi kondisi komputer yang seperti ini adalah dengan hanya menginstall program yang seperlunya saja. seminimal mungkin. program-program yang saia install adalah: mozilla firefox, adobe reader, mobile partner (modem), office 2007, antivirus avira, winzip,  k-lite, dan flash player. untuk program-program yang lain, nanti saja jika dibutuhkan. untuk saat ini, kebutuhan saia yang paling utama adalah untuk Online.:)

karena kapasitas penyimpanannya kecil, hanya berukuran 40 giga, maka saia menggunakan winzip agar bisa mengompres data. lumayanlah untuk mengurangi timbunan beban dari data-data yang berukuran besar.

sebenarnya saia sangat ingin sekali untuk mengupgrade komputer ini. saia ingin menambahkan RAMnya, membeli hard disk eksternal, dan kalau perlu ingin saia ganti prosesornya dengan yang lebih bagus. tapi kendalanya adalah masalah budget (money). duh, sayang saia sedang cuti ngajar. coba kalau tidak. pasti akan dengan sangat mudah saia sulap komputer ini menjadi komputer yang lebih bertenaga, layaknya kuda. hmmmmm. sabar aja dech. gunain yang ada dulu. dipuas-puasin aja.

3 Responses to "Ringannya Komputerku"

Hdiskq 40Gb wah udah sangat luas itu heheh ga pernah penuh juga😀


Berkunjung dan ditunggu kunjungan baliknya
salam blogger😀

bagi saia, 40 giga itu masih belum cukup😮

office 2007 bukannya berat? Saya lebih suka pakai OpenOffice.Org 3, karena selain mirip banget dengan office, juga gratis (bukan bajakan seperti office😛 ). kecuali kalo anda sudah beli CD office yang original yang harganya 700 ribuan rupiah.

Winzip juga ngga freeware lho, yang free itu iZarc.

Dua program gratis lagi saran saya untuk menjaga komputer anda selalu cepat:

1. CCleaner http://www.ccleaner.com/ .Nah kalo kurang mengerti cara pakainya…bagaimana ya? YM saya saja deh.😛

2. Auslogic Disk Defrag: http://www.auslogics.com/en/software/disk-defrag/download/ .Bagi saya, defragmentasi itu sangat penting untuk menjaga kesehatan harddisk dan kecepatan komputer. Lakukan minimal 1x sebulan deh. Kalau tidak mengerti apa itu fragmentasi…yah…tanya ke saya saja Via YM😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,816 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: