MENULIS SEUMUR HIDUP

Nasihat Buat Yang Kepengen Masuk UI

Posted on: November 1, 2010

Sebenernya tulisan ini ditujukan untuk murid gw yang kepengin masuk kedokteran UI. Tapi mudah-mudahan bisa memberikan sedikit manfaat terutama untuk anak-anak SMA kelas tiga yang sebentar lagi mau lulus dan kepengin masuk UI. Ini didasarkan pada pengalaman pribadi gw aja yang kebetulan pernah ngerasain masa-masa “sulit” di SMA (terutama pas kelas 3) dan kebetulan lagi gw udah kuliah di UI sekarang.

Btw, sekedar info aja, sekarang ini gw kuliah di matematika UI. Kalo dari passing grade, math UI lumayan tinggi lah. Tertinggi ke dua setelah farmasi kalo di MIPA dan bs ngunggulin banyak jurusan-jurusan lain di teknik dan sosial. Tapi kasus untuk murid gw ini, dia mau masuk kedokteran UI. Yang gw tau, masuk kedokteran UI itu gak gampang coz passing grade-nya sangat tinggi. Mungkin yang tertinggi di UI untuk kategori jurusan-jurusan berhaluan MIPA. Namun demikian, bukan berarti tidak bisa untuk dimasuki. Banyak kok temen-temen gw yang bisa masuk ke sana. Baik dari SMA asal gw dulu or kenalan-kenalan gw dari tempat les, temen-temen di kampung halaman, temen-temen olimpiade, dll. Itu menandakan bahwa bukan suatu hal yang mustahil untuk bisa masuk kedokteran UI.

Tapi yang jelas, butuh usaha ekstra untuk bisa masuk ke UI. Apalagi kedokteran. Ya toh? Hal ini penting untuk disadari. Kenapa? Karena ketika kita menyadari bahwa masuk UI itu susah didasarkan pada tingkat persaingan yang tinggi (se-Indonesia) dan passing grade-nya yang juga tinggi, maka satu tembok dalam pikiran kita mulai terbuka dan tersadarkan. Diharapkan, kenyataan ini akan membawa kita pada taraf kesadaran untuk mulai giat belajar.

Gw inget dulu saat gw kelas tiga SMA. Kalo kata orang dan kata gw juga, kelas satu SMA itu masih tahap-tahap pengenalan. Jadi wajar kalo nilai kita jelek. Kelas dua, masa-masa “bermain”. Wajar pula kalo nilai kita pas-pas-an. Nah di kelas tiga, masa-masa pengenalan dan bermain itu sudah tidak ada lagi. Masa kelas tiga harus dan wajib kita habiskan untuk fokus pada satu hal: BELAJAR. Targetnya juga jelas: LULUS UN dan MASUK PTN YANG KITA INGINKAN. Itu gw dulu. Itu salah satu hal terbesar yang ngebuat gw semangat belajar pas kelas tiga. Biasanya, kalo dah mulai ada godaan-godaan kecil yang melintas, gw akan selalu inget hal itu: LULUS UN and MASUK PTN FAVORIT. Bahkan gw menerapkan konsep 5 cm yang gw dapet dari sebuah novel. Lumayan bagus lah “wejangannya”. Disana dibilang kalo kita sudah punya tujuan dan mimpi yang jelas, maka letakkanlah mimpi kita itu sejauh 5 cm di depan mata kita. Kapanpun ada godaan datang, maka bayangkanlah mimpi-mimpi kita itu. Bayangkan ia berjarak 5 cm di depan mata kita. Semakin sering kita membayangkannya, maka akan semakin melekat mimpi-mimpi kita itu dalam benak kita yang imbasnya nanti adalah pada perbuatan kita. Kita akan mulai tersadarkan dan mulai mengerjakan segala hal yang berhubungan dengan mimpi 5 cm itu. Bahkan, bisa-bisa anda akan menjadi orang yang freak. Freak dalam artian belajar demi mencapai tujuan 5 cm tersebut. Ini sudah saya praktekan sendiri. Silakan dicoba kalo gak percaya.

Membayangkan mimpi 5 cm ini adalah salah satu cara yang positif untuk pikiran kita. Ada juga cara yang negatif yang cukup bagus menurut gw untuk menambah motifasi dalam diri kita. Yaitu bayangkan sesuatu yang negatif. Caranya begini: semisal anda sedang malas untuk belajar atau ada godaan-godaan lain yang mengganggu anda, coba bayangkan sesuatu yang negatif yang akan terjadi pada diri anda saat anda tidak lulus UN dan gagal masuk PTN Favorit. Sedang, pada saat yang bersamaan, teman-teman anda, teman-teman sekolah anda, bersuka cita merayakan kemenangan mereka akan dua hal tersebut. Dan nyatanya, mereka-mereka itu, orang-orang yang berhasil di penghujung cerita itu, adalah orang-orang yang telah mengerahkan segala daya upaya dan kemampuan mereka untuk belajar hingga titik darah penghabisan. Sedang anda, sebagai orang gagal yang tertakdir, adalah orang-orang yang meski sudah kelas tiga, masih suka tergoda untuk tidak belajar disebabkan hal-hal kecil semisal: sakit hati diputusin pacar, gak bisa ngeluangin waktu untuk belajar saat ada acara TV favorit, kebanyakan hang out bareng temen, dll.

Jika perlu, bayangkan juga betapa kecewanya orang tua kita jika kita gagal lulus UN dan gagal masuk PTN yang kita inginkan. Bayangkan air matanya meleleh akibat usaha kita yang gak maksimal untuk belajar. Belum lagi kita telah mengecewakan guru-guru dan teman-teman yang telah susah payah bantuin kita belajar. Belum lagi kerugian (tenaga dan materi) yang kita derita karena udah cape-cape belajar tiga tahun di SMA, tapi kita gagal di akhir. Padahala tinggal satu langkah lagi.

Yuk teman, mumpung masih ada waktu untuk mengejar ketertinggalan. yuk belajar yang giat. Yuk hapus semua kesedihan, kegundahan dan kegalauan dalam hati kita. Yuk kita ganti dengan sikap positif untuk belajar. Allah pasti ngebantu orang-orang yang bersungguh-sunggu mengejar mimpi mulianya.

Ingatlah hal ini:

UI itu bukan tempat orang-orang yang malas belajar
Apalagi sudah kelas tiga
UI itu bukan tempat orang-orang bermental lemah
Apalagi gak mau belajar cuma gara-gara diganggu hal-hal kecil
UI itu tempat untuk orang-orang yang memang serius mau masuk ke sana
Dia mengerahkan semua kemampuannya demi satu tujuan: MASUK UI
Apapun yang terjadi kelak, dia gak gak peduli
Yang dia tau, dia harus dan wajib masuk UI
Yang dia tau, dia pasti bisa untuk masuk UI
Ada sekitar tiga ribuan orang yang masuk ke UI tiap tahun
Maka dirinyalah satu dari tiga ribu orang itu
Jaket kuning ini, Jaket UI, hanya untuk mereka yang mau membayar harganya
Harganya adalah tekad dan semangat juang untuk menaklukkan rasa malas saat datang
Dan keindahan UI ini, hanya untuk mereka yang mempunyai mimpi besar dalam hidupnya
Sudah banyak kok orang yang masuk ke UI dan berkuliah di sana
Dan sekarang, mereka telah berhasil dan menjadi orang sukses
Jadi, anda juga pasti bisa masuk ke UI dan menggapai sukses
Yok semangat

sumber gambar: sini

mau masuk UI atau masuk SMA favorit atau juara kelas? Les Privat di Accelera Plus aja. info kontak 02160930031 / 081314747309 / 089635795224. Cek di website http://les-private.com/. Follow @LesPrivatAplus :)

92 Responses to "Nasihat Buat Yang Kepengen Masuk UI"

Wow mimpi 5 CM mantep tuh keren, makasih juga nasihat bagi para calon mahasiswa yg ingin masuk UI. hmm cocok buat ponakan ane lah tar tunggu gedean dikit, hehehe..

semoga bisa masuk UI om

subhanallah, setelah baca tulisan diatas sy ibu tiga anak berdoa dan terus berusaha agar smua anak sy menjadi dokter yang hapal dan paham alquran. berharap pd Allah masuk di kedokteran UI

Karena postingan ini bukan buat saya, meninggalkan koment aja lah

okelah kalo begitu. thx dah koment om

kak maaf sy mau tanya ttg ui. sy sma sekali gk tau menahu ttg cara masuk ptn, sya baru niat masuk ui pas mula” kls 3 ini dn sy mau msuk sastra ingg krna sy yakin sm kmampuan ingg sy (maap sy gk mksud pamer) kalau saya mau masuk sastra ingg, ujian yg bakal sy hadapi itu soalnya ttep ngerjain mat fisika kimia bio dll atau semua itu cma formalitas tapi lbh konsen ke materi fakultas yg kita mau? kakak bisa bantu saya? sy bnar” berniat dan pngen masuk ui, yaa sy gkmngkinmsuk lwat jalur undangan lagi, tapi sy mau berusaha bwat cari jalan lain.. mohon bantuannya kak, makasi😀

semua jurusan di UI, testnya sama #eaaa..hehe🙂

Wah, pas banget deh. Adekku mau masuk UI juga😆 hhe,.

WAAH muridnya pengen masuk FKUI ya? sama kayak saya duoong~ :9
Semoga berhasil yaa buat yg mau masuk FKUI! Tapi FKG juga bagus loh. Kenapa nggak nyoba FKG? :3

hahaha. dateng sendiri orangnya

sebagai murid kelas 12, saya jadi merinding baca post yg ini. jadi bikin tambah semangat juga hehehe

smoga yg pengen msuk UI berhasil…
good luck…!
aq akn mncoba meletakan mimpi q sjauh 5 cm…
trim’s atas saran ny….!

sama2. semangattttttt!!!

HI aku mau knl donk sama yang bwt tulisan.

boleh2 aja. tp bayar ya. hehehe

ga mau nyisain waktu yang tersisa.
makasih buat nasihatnya..
moga tips 5cm mujarab!!

buat yg mau masuk ugm mana ka ??
ahaahahaa

minta sama orang UGM dongssss…hehehe

G jg lg belajar buat msk Fisika UI.Pgn diajar sm ilmuwan” sekelas terry mart & l.t.handoko.Doain msk,ya!

amin. semangat. temen kost-an gw ada yang anak FISIKA UI lho. udah mau lulus tapinya.

Mantap…semoga pada lulus ya

trim’ss atas sarannya ya kak…….

keren tulisan nya bikin merinding jadi ngebuat saya tambah termotivasi buat masuk UI, semoga saya bisa nyusul kakak ya tapi di FIKOM amiiin

makasih bgt buat saran’a…
semoga bsa msuk UI…😉
\(^-^)/

Trima kasih atas masukannya. saya masih kelas 1 sma, dan mudah-mudahan nanti bisa menyusul di fkui. amin…

Wah jadi termotivasi bgt kak! salam kenal saya dari SMAN 70 kak, rencana Insya Allah lanjutin ke Pendidikan Dokter UI, minta doanya sukses lancar ya kak! Aamiin🙂

amin. semoga bisa masuk ke FK UI dek. hehe😀

kak bilang2 ya klu udah lulus. sy jg mau masuk FKUI. insyaalla tahun 2013 sy udah jd mahasiswa FKUI. amin😀

HUWAAAAAA pengen masuk UI

minta doanya ya^^,
smoga saya bisa masuk UI

SIPP… baguuus bangetttt.. semangaaatttt😉

semangat lagi memperjuangkan FKG UI !
semoga bisa lolos ya

kakak bner” luar biasa, jujur aja jarang ada orang kaya kakak.. wah saya jadi smangat nih, makasi kak atas blognya🙂

Motivasi yang luar biasa. Doakan aku menyusul kakak di Fakultas MIPA UI’14 ya. ^_^

amin,,insyaAllah. semangaatt🙂

Makasihh atas motivasinya insyaallah sya akan bersungguh-sungguh blajar untuk msuk UI soalx sya sdah mnganggur 1 thun krena tdk lulus di UNHAS

ayo semangat,,semoga bisa masuk UI🙂

Makasih atas Motivasi nya

smoga kelak kita bertemu di UI

amin..semangatt yahh🙂

Thanks banget ya buat yang buat blog ini. Saya pelajar kelas 3 SMA . dan cita cita saya dari kecil sampai sekarang adalah dokter. Sekarang,saya sedang berjuang masuk FK UI . Saya sangat setuju dengan semua yang anda katakan. Tapi ada yg saya mau tanya, sekarang FK di Indonesia paling bagus apa ? Thanks ya kak.Gbu

waaah tulisan yang memotivasi banget nih! semoga tahun 2013 nanti gue bisa keterima di UI jurusan ilmu gizi yah :’D

TOP banget motivasinya makasih kakak… semoga gue bisa dapet kedokteran AMIN…

sya.. skrg adalah maba d suatu univ. .. namun saat kelas 3 sya tdak mmnfaatkn ksmptan itu dgn matang.. akhirny, mndarat di prodi yg tdk sya minati, dn kurang bonafit ,,,
sya berniat masuk FH UI walau saya lulusan IPA ,, dn skrg sya di jurusan Veteriner ,,
tetapi sya minat sekali untuk FH UI ..
Is that possible ?

harus rajin belajar ya , itu tantangannya ! harus bisa ah~ hahaha

My biggest dream “FKUI”
Wah saya jd tambah termotivasi buat msuk UI, mhon doany ya kak🙂

Numpang nanya,buat masuk ui,katanya sekarang liat nilai raport kahh??

apakah masuk fk ui jalur undangan itu perlu melihat history dari rapot atau nilai nilai khuswus semasa sma

nilai rapot dan prestasi semasa sma

kenapa masuk PTN 2013 serasa sulit banget ?😥 belum apa-apa udah buat banyak orang down ?

tapi keep cemungeddd eaaa

Saya juga mau masuk ui jurusan matematika om.. Boleh minta tips nya nggak ?

Makasih bgt kak nasihatnya! Aku smp hampir menitikkan air mata. Jd semangat skrg! Ini aku print trs ditempel di kamar lho kak:’

tulisan ini sangat bermanfaat, saya semakin yakin dan siap mewujudkan mimpi besar saya🙂 FKUI

makasih banget kak nasihatnyaa .. :’
jadi semangat mau masuk FKUI , bismillahirrahmaniirahim ..

doain gue deh supaya gue masuk d ptn yang gue inginin yee😀

aku pengen banget masuk ui fakultas kedokteran..
kmarin2 aku lengah belajarnya..
skg aku mau mncoba trik2 yang kk kasih..
kira2 persiapannya apa aja ya..

FK UI…………….itu mah santapannya anak SMAN 8 Jakarta.
tahun 2013 kemarin SMAN 8 Jkt ada 26 anak tembus Kedokteran UI
alias FK UI

2013 kemarin mmg SMAN 8 Bukit Duri Jaksel banyak sekali yg TEMBUS Kedokteran UI. Murid2 SMAn 8 Jkt pintar2….Gila2 klo belajar…..
kata Guru SMAN 8 jakarta : Pak Wangsa Jaya ada 26 anak masuk FK UI. (2013)…ckckckckkkk.paraahhhhh

SMANDEL Jakarta ?… Nyerah gw. Otaknya kaya rombot ama komputer smua !

ka aku pengen masuk kedokteran ui tapi aku pengen nunda dulu setahun buat fokus belajar tapi aku masih bingung kak pengen les kemana kak yang menurut kakak bagus dan menjamin masuk FK ui??

Q mau nanya, Q mo msuk UI lewat jalur bidik misi, apakah ada kmungkinan bwt Q masuk FKUI, sedangkan nilai semester 1 – 4 ku pas-pasan karena tdk fokus belajar (karena pengaruh lingkungan) dan nilai semester 5 cukup tinggi,,,,,,,,, tlong dijawab,,,,,

kak kalau andaikan kita udah lulus tahapan tes tulis simak ui tapi nilai rapor sma kita jelek itu masih ada harapan ga sih

waah makasih yah ka, semoga tahun ini saya bisa lulus di FKGUI :)) aamiin

Superr..:)
Cocok bnget, ,
prinsipnya sama dgn prinsip in my liFe,semoga cita2 yg selama ini tersimpan untuk bisa masuk kedokteran UI,,Sukses:)amin,

Maaf kak,sedikit curhat .
saya siswa smk yang masih duduk dibangku kelas XI ,saya pengen banget kak masuk FKUI.tapi saya minder kak,coz saya dari SMK yang jelas” g selinier seperti SMA.menurut kakak gimana?mohon bantu dukungan n solusinya kak?
mksh …🙂😉

Maaf sebelumnya, tapi anak SMK setau saya tidak bisa ambil jurusan mata pelajaran IPA..kamu kan masih kelas 10, saran saya lbh baik daftar SMA (tapi harus turun kelas) kalau bisa, dan kalau kamu pingin bgt masuk FK. Coba ngomong ke orang tua dan tanya pendapat dan saran mereka, semua orang tua pasti memberikan saran paling baik🙂

Setelah baca ini jadi tambah semangat belajar buat masuk kedokteran UI🙂 makasih kak semangatnya! Semoga ini bukan hanya sekedar harapan🙂

Wah jdi tmbh smngt buat masuk UI *o*. Aku jg pgen msuk FK UI :3 mumpung aku msih kelas 1 sma jdi msih pny bnyk kesempatan buat gedein nilai😀. Doain ya biar 3 thun mendtang bisa jdi mahasiswa FK UI :3

Kak aku pengen banget banget banget masuk fkgui, aku udah berusaha mungkin belajar sungguh2, aku selalu beli buku buat masuk fkgui, sampe2 aku tulis dan beli poster ui dan aku pajang diberus sudit kamar, tapi aku selalu berfikir. Aku takut gak keterima di fkgui ka:”( itu yang aku takutkan dari sekarang;”(

Alhamdulillah, Gw udah masuk UI 2014. Terinspirasi. Gw dari Labsky (Labschool Kebayoran) Angkatan 2014. Semoga gw sukses kedepannya … Aamiin

Luaaaar biasa inspiratif. Tks sharenya…..ya Nur, bermanfaat sekali buat anak saya yg sdg kls 12 dan bercita2 kuliah di UI th 2015 (Insyak Allah diterima…Aamiin.). Salam SH

thanx ya ka motivasinya. Saya ingin masuk FKUI semoga tercapai aamiin.
Tapi saya masih kelas X, doain ya ka..:)

bagus nasihatnya…. 5 cm🙂

makasih banyak mbakkk, infonya.,., semoga saya juga bisa masuk UI kedokterannn
Amiiin! Ya Allah..,.,
plisss visit my blog
http://ffaaiizzaahhali.blogspot.com/

Maaf kaa kalo dr jurusan ips bs gak yaa masuk FK UI? InsyaAllah tahun ini msh mau bimbel mipa dul..

bisa aja. pas ujiannya ambil IPC

Subhanallah memotivasi sekali ka:))))

big dream lah buat UI. FMIPA Matematika UI :’) semoga bisa nyusul tahun depan. big thanks buat motivasinya kak. pas selancar di inet ketemu blog ini.. salam kenal kakak.

Thanks ats, Nasihat yang baik ( mimpi 5 cm)

Kak sekarang say baru kelas 1 SMA nih ya.Saya ingin sekali masuk jurusan kedokteran di UI.Tapi aku tahu kemampuan aku dibidang yg mendukung di kedokteran lemah..Kak kalau ikut olimpiade Yg mendukung ke dokter apa itu juga terpengaruh?Klw terpengaruh apa UI meneydiakan olimpiade untuk masuk kedokteran?Makasih ya kak.

saya akan berusaha belajar dan berdoa untuk menggapai cita” saya untuk menjadi seorang dokter di UI. Makasih kak mohon doan’nya.

mmm.. aku sih pengen di FKUI, tapi aku sekolah nya di kampung & kualitas pendidikan nya rendah. kadang akau berpikir “that impossible” tapi setelah aku baca nasehat ini, semangat ku mulai merdeka dan berkata “that possible”
terimakasih atas nesehat dan motivasi nya

mmm.. aku sih pengen di FKUI, tapi aku sekolah nya di kampung & kualitas pendidikan nya rendah. kadang aku berpikir “that impossible” tapi setelah aku baca nasehat ini, semangat ku mulai merdeka dan berkata “that possible”
terimakasih atas nesehat dan motivasi nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Total Kunjungan:

  • 519,816 hits

Follow me on Twitter

Yang Lagi OL

PageRank

Kenal Lebih Dekat di:

%d bloggers like this: